UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

EcoBrick PET sebagai Material Bangunan yang Mendukung Upaya Mencapai Green Building. Studi Kasus : EcoBrick Cacahan Plastik PET di Fakultas Teknik Universitas Indonesia = EcoBrick PET as a Building Material that Supports the Efforts to Achieve Green Building. Case Study: EcoBrick PET Plastic Chopping at the Faculty of Engineering, University of Indonesia

Richard; Herlily, supervisor; Widyarko, examiner; Ova Candra Dewi, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Pembangunan yang masif tapi tidak selaras dengan kepedulian lingkungan bisa menimbulkan kepunahan manusia itu sendiri. Karena pembangunan yang masif otomatis akan meningkatkan eksploitasi atas sumber daya alam yang ada. Tanggapan pemerintah akan hal ini tertuang di kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan, seperti penggunaan sumber daya alam dengan pertimbangan jumlahnya di masa depan. Penulisan ini bertujuan untuk memahami bagaimana sampah botol plastik PET yang notabenenya adalah benda yang dianggap sudah tidak bernilai, dapat dijadikan sebagai salah satu material yang dapat digunakan dalam konstruksi bangunan. Observasi meliputi studi literatur dan observasi studi kasus yakni pengamatan pada EcoBrick yang menggunakan cacahan plastik PET sebagai isinya. Harapannya tulisan ini dapat menjadi bahan pertimbangan para arsitek yang ingin menggunakan sampah plastik sebagai bagian dari konstruksi bangunan yang dirancangnya, untuk mendukung pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Massive development but not in harmony with environmental concerns could lead to human extinction itself. Because massive development will automatically increase exploitation of existing natural resources. The government's response to this issue is stated in the Sustainable Development Sustainable Environment policy, such as the use of natural resources with consideration of the amount in the future. This writing aims to understand how PET bottle plastic waste which is an object that is considered to be of no value, can be used as one of the materials that can be used in building construction. Observations included literature studies and case study observations namely observations on EcoBrick using PET plastic chopped as their contents. It is hoped that this article can be taken into consideration by architects who want to use plastic waste as part of the building construction they are designing, to support environmental development.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Richard.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 40 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-54533179 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20505625
Cover