Skripsi ini membahas mengenai
theatricality sebagai pembentuk
space of modesty dan variasinya pada lingkup domestik wanita muslimah. Secara khusus, skripsi ini mengeksplorasi bagaimana
theatricality dalam proses penggunaan hijab pada ruang-ruang arsitektur menentukan area
on-stage dan
off-stage sebagai pembentuk konfigurasi
space of modesty tiap individu dalam kesehariannya.
Theatricality merupakan bagian dari konsep
performativity dalam perspektif feminis yang berpotensi memperluas pemahaman akan teori
front-stage dan
backstage yang dinyatakan oleh Goffman (1956), dengan memberikan kemungkinan yang berbeda-beda akan bagian yang dianggap
front dan
back untuk setiap individu. Penulis melakukan studi kasus terhadap pembentukan
space of modesty terhadap tiga subjek yang tinggal bersama dalam satu rumah. Hasil temuan dari studi tersebut menunjukan bahwa
theatricality penggunaan hijab masing-masing individu bergantung pada pengalaman keseharian individu terkait dengan
ownership ruang, interaksi berdasarkan relasi, proses transisi dan peralihan ruang, serta visibilitas ruang. Aspek-aspek ini pada akhirnya akan mempengaruhi pembentukan
space of modesty yang berbeda-beda sehingga memberikan makna ruang domestik yang beragam bagi tiap individu. Hal ini mempertegas bagaimana representasi individu merupakan interaksi timbal balik dan adaptasi antara subjek individu dengan lingkungan ruang di sekitarnya.
This thesis discusses theatricality as a concept that constructs a womens space of modesty and its variations within a scope of domestic spaces. Specifically, this thesis explores how theatricality shapes the process of wearing hijab in architectural spaces assigning on-stage and off-stage areas that drives the configuration of space of modesty for every individual. Theatricality is part of feminist perspective concept of performativity, which potentially expands Goffman (1956) front-stage and backstage theory by providing opportunities on every individual to adapt their own understanding of spatiality that can be considered as front and back. A case study is performed to analyse the construction process of space of modesty for three different subjects that share living spaces together. It is found that the theatricality of ways each subjects represent themselves with hijab are shaped by their experience in relation with spatial ownership, relational interaction, transition between spaces, and visibilities of spaces to its surroundings. These aspects create different configurations of space of modesty, giving different meanings of the domestic spaces for each individual. This different meaning reinforces how individual representations to others is part of reciprocal interactions and adaptations between individual subjects and its surrounding environment.