UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Tindak tutur memerintah pada cerpen Vreemde juffrouw Bok = Speech act of commands in Vreemde Juffrouw Bok short story by Annie M.G. Schmidt

Annisa Dhea Nurbaity; Lilie Mundalifah Roosman, supervisor; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, examiner; Eliza Gustinelly, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini merupakan kajian pragmatik, yaitu tindak tutur memerintah pada cerita pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang tindak tutur memerintah yang terdapat pada dialog cerpen berjudul Vreemde Juffrouw Bok karya Annie M.G. Schmidt. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori kesantunan yang disampaikan oleh Brown dan Levinson (1987). Hasil penelitian menunjukkan adanya tindak tutur memerintah langsung dan tidak langsung pada cerpen itu. Selain itu, dari tindak tutur langsung, terdapat bentuk kesantunan positif dan kesantunan negatif. Strategi kesantunan yang ditemukan pada cerpen itu adalah strategi tuturan yang melibatkan penutur dan mitra tutur dalam suatu kegiatan, strategi yang menyatakan alasan tertentu, strategi dengan menggunakan kalimat langsung, strategi pesimistik, strategi yang memperhalus ucapan, dan strategi dengan menggunakan petunjuk asosiasi.
This research is pragmatic study, namely speech act of commands in a short story titled Vreemde juffrouw Bok by Annie M.G. Schmidt. The aim of this study is to explain the speech act of commands in the short story dialogues. This study uses a descriptive qualitative method with politeness theory by Brown and Levinson (1987). The result shows that there are direct and indirect speech acts of commands in this short story. Furthermore, the direct speech acts consist of positive politeness and negative politenessThe politeness strategies found in the dialogues are the srategy that involves speaker and hearer in the activity, giving reasons, direct strategy, pessimistic strategy, euphemism, and giving associations.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Annisa Dhea Nurbaity.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 30 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-988538713 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20505849
Cover