UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Resistensi: Respon Relasi Force-Counterforce pada Ruang Temporal = Resistance: Response of Force-Counterforce Relation in Temporal Space

Alifa Istiqomanita; Harahap, Muhammad Matin Firas, supervisor; Gunawan Tjahjono, examiner; Arif Rahman Wahid, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam adaptasinya terhadap konteks yang selalu berubah seiring berjalannya waktu, ruang temporal selalu mengalami keadaan tarik-menarik antara 2 elemen yang saling kontradiktif. Keadaan tarik menarik ini disebut dengan tensi, yang mana terbentuk dari kontradiksi elemen eksternal yang disebut force dan elemen internal yaitu counterforce yang memiliki alat perlawanan yang disebut resistensi.
Menanggapi hal tersebut, skripsi ini akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara resistensi merespon kondisi tensi yang ada. Sehingga, respon tersebut dapat digunakan sebagai proses adaptasi berupa mekanisme pembentukan atau pengaturan ruang yang adai dalam keadaannya yang sementara. Untuk mencapai pemahaman yang mendalam akan resistensi tersebut dilakukan studi literatur dan observasi terhadap ruang temporal yang telah hadir. Skripsi ini kemudian memberikan pemahaman akan adanya respon yang berbeda dari resistensi pada setiap perubahan force dan counterforce dalam setiap masa dalam periode tensi dalam ruang yang temporal. Adapun respon resistensi yang dibahas dalam skripsi ini berupa aturan dan antisipasi terhadap relasi force-counterforce.

ABSTRACT
In the adaptation to context that always change over time, temporal space experiences a state of attraction between two contradictory elements. This state of attraction is called tension, which is formed from the contradiction of external elements called force and internal elements called counterforce which have a resistence as a form of defense mechanism.
In response, this thesis will discuss more about how resistance responds to the existing tension. Thus, the response can be used as a mechanism for spatial formation that is able to adapt to its temporary conditions. To achieve a deep understanding of this resistance, a literature study and observation of the temporal space that are present are carried out. This thesis then provides an understanding of the different responses of resistance to changes in force and counterforce at any time in the tension period of temporal space. The resistance response discussed in this thesis is in the form of rules and anticipation of force-counterforce relations.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Alifa Istiqomanita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 30 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-37561585 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20505994
Cover