UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis gaya bahasa pada meme rivalitas Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam = An Analysis of the figurative language at rivalry memes between Ajax Amsterdam and Feyenoord Rotterdam

Defranda Fauzan Rabbani; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor; Munif Yusuf, examiner; Triaswarin Sutanarihesti, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Rivalitas Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam merupakan rivalitas paling ketat dalam sepak bola Belanda. Rivalitas keduanya tidak hanya terjadi di dalam lapangan, tetapi juga dalam dunia digital (media sosial) khususnya publikasi dalam bentuk meme. Penelitian ini membahas bagaimana penggunaan gaya bahasa pada lima belas meme rivalitas Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam periode 2019 (paruh kedua musim kompetisi 2018-2019 dan pertengahan musim kompetisi 2019-2020) dalam akun Instagram decoachnl. Selain itu, penelitian ini juga melihat unsur humor yang terdapat pada kelimabelas meme dari berbagai ilustrasi seperti dalam bentuk gambar, angka, dan teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis-deskriptif dengan menggunakan teori gaya bahasa dan teori humor untuk menganalisis kelimabelas meme secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini ditemukan banyaknya penggunaan gaya bahasa ironi serta unsur humor dalam bentuk gambar seperti terdapatnya gambar pemain, pelatih, seragam tanding, warna tertentu, dan hal lainnya yang seolah-olah sedang mengejek atau menyindir Feyenoord. Gabungan antara teks yang memuat gaya bahasa dan gambar sangat mempengaruhi tingkat humor dalam meme. Konteks diperlukan pada penyampaian pesan sebuah meme agar pembaca dapat mengetahui humor yang ada di dalamnya.

Rivalry between Ajax Amsterdam and Feyenoord Rotterdam is the most greatest rivalry in Dutch Football. The rivalry between the two teams occurs not only on football fields but also in the digital world (especially on social media) in the form of memes. This paper discusses the use of figurative language in fifteen rivalry memes between Ajax Amsterdam and Feyennoord Rotterdam. In addition, the paper also describes the elements of humor which are found in the fifteen memes in the form of images, numbers and texts. In this paper, the descriptive-analytical method is used by analizing fifteen memes as a whole with the theory of figurative language and humor. The result of this paper shows many uses of ironic language style and an element of humor in the form of various images, such as the representation of players, coaches, uniform, certain colors, and other things that seemed to be mocking and insinuating Feyenoord. The combination of texts that contain figurative language and images greatly affects the level of humor in memes. Context is needed in delivering a meme`s message so the reader can identify the humor in it.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Defranda Fauzan Rabbani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 38 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-104570701 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506180
Cover