UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbedaan proporsi tingkat literasi pangan dan gizi remaja berdasarkan jenis kelamin, uang saku, dan faktor lainnya pada Siswa SMK-SMAK Bogor tahun 2020 = Food and nutrition literacy proportion differences based on gender, allowance, and other factors of adolescent students at SMK-SMAK Bogor in 2020

Maydiva Al`caesar Basty Putri Qadr; Ahmad Syafiq, supervisor; Trini Sudiarti, examiner; Amilia Sari Ghani, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Literasi pangan dan gizi adalah kemampuan individu dalam memperoleh, memproses, dan memahami informasi pangan dan gizi yang dibutuhkan, sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat. Pada remaja, tanpa tingkat literasi pangan dan gizi yang cukup, dapat terbentuk perilaku makan yang tidak sehat dan berlanjut hingga masa dewasa. Penelitian secara lokal maupun internasional, menunjukan masih rendahnya tingkat literasi pangan dan gizi pada remaja. Literasi pangan dan gizi dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jenis kelamin, uang saku, tingkat pendidikan ayah dan ibu, peran guru, penggunaan media, dan lainnya. Untuk mengetahui perbedaan proporsi literasi pangan dan gizi berdasarkan faktor-faktor tersebut, dilakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif pada 218 siswa/i SMK-SMAK Bogor yang menggunakan desain studi cross-sectional dan metode quota sampling. Hasil penelitian menunjukan mayoritas siswa/i memiliki tingkat literasi pangan dan gizi yang baik (52,8%). Setelah melakukan analisis statistik menggunakan uji chi-square, ditemukan bahwa terdapat perbedaan proporsi yang bermakna pada literasi pangan dan gizi siswa/i berdasarkan jenis kelamin (p-value = 0,046), peran guru (p-value = < 0,001), dan penggunaan media (p-value = < 0,001).

 File Digital: 1

Shelf
 S-Maydiva Al`caesar Basty Putri Qadr.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 86 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-21236978 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506479
Cover