UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Stres Kerja terhadap Kelelahan pada Operator Tambang Batubara: Tinjauan Literatur Sistematis Tahun 2010-2020 = The Impact of Stress towards Fatigue on Coal Operators: Systematic Literature Review in 2010-2020

Annisaa; Hendra, supervisor; Mila Tejamaya, examiner; Nur Ani, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kelelahan merupakan kontributor utama dalam 60-70% insiden yang disebabkan oleh kesalahan manusia di sektor pertambangan. Kelelahan dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan merupakan dampak yang sering terjadi akibat dari stres dan shift kerja. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kelelahan pada operator tambang batubara. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh karakter individu (usia, Indeks Massa Tubuh, kualitas tidur, kuantitas tidur dan tempat tinggal) dan faktor pekerjaan (durasi shift) terhadap kelelahan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode systematic literature review dengan memasukkan 10 literatur terkait topik penelitian untuk dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa stres merupakan faktor dengan kontribusi tebesar yaitu 33,6% pada kejadian kelelahan. Kelelahan juga berkaitan dengan usia, kualitas tidur, kuantitas tidur, tempat tinggal dan durasi shift. Namun, penelitian ini belum bisa membuktikan pengaruh Indeks Massa Tubuh (IMT) terhadap kelelahan. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah stres memiliki potensi untuk meningkatkan kelelahan pada pada operator tambang batubara.

Fatigue is the main contributor factor on 60-70% incident that caused by human factor in mining industry. Fatigue can affect workers health and workplace safety and is a frequent impact resulting from stress and shift work. The aim of this study is to assess the impact of stress towards fatigue on coal operators. This study also assess the impact of individual character (age, body mass index, sleep quality, sleep quantity and recidence) and work-related factor (shift duration) towards fatigue. Methods of this study is systematic literature review with a total of 10 literature that related to the topic were included. Result showed 33,6% of fatigue related incident is caused by stress. Fatigue also attributed with age, sleep quality, sleep quantity, recidence and shift duration. However, the study cant prove the impact of Body Mass Index (BMI) towards fatigue. In conculsion, stress has the potential to increase fatigue on coal operators.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Annisaa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 72 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-53360229 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506585
Cover