UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Pertumbuhan Pascatrauma terhadap Citra Tubuh pada Perempuan Penyintas Kekerasan Seksual di Masa Kecil = The Effect of Posttraumatic Growth on Body Image in Women Who Experienced Child Sexual Abuse

Nabila Gita Andani; Sali Rahadi Asih, supervisor; Elizabeth Kristi Poerwandari, examiner; Rose Mini Agoes Salim, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu dampak prominen yang sering dijumpai pada penyintas kekerasan seksual di masa kecil adalah permasalahan citra tubuh. Meskipun begitu, pengalaman negatif yang diakibatkan peristiwa traumatis sendiri tidak selalu menetap; penyintas dapat mengalami pertumbuhan positif dari pengalamannya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh posttraumatic growth terhadap citra tubuh, secara spesifik pada perempuan dewasa muda penyintas kekerasan seksual di masa kecil. Adapun hubungan antara pelaku dengan korban, frekuensi terjadinya kekerasan, dan BMI juga diidentifikasi dapat berperan sebagai kovariat dalam hubungan di antara kedua variabel. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian dengan topik serupa oleh Kotin (2019), tetapi lebih berfokus kepada pengaruh dari posttraumatic growth dibandingkan sekadar hubungan di antara kedua variabel. Sebanyak 121 partisipan diperoleh melalui kuesioner daring. Melalui analisis regresi linear, ditemukan model regresi yang signifikan, F(1, 119) = 87.818, p = 0.000, dengan effect size besar. Secara spesifik, posttraumatic growth menjelaskan sebesar 42.5% varians citra tubuh. Dalam kata lain, posttraumatic growth berpengaruh terhadap citra tubuh. Terdapat implikasi bahwa hubungan posttraumatic growth dengan citra tubuh dapat digeneralisasi ke dalam populasi lain, dengan tetap mempertimbangkan faktor kontekstual.

ABSTRACT

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nabila Gita Andani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 82 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 146-20-486405736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506608
Cover