UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga pada remaja hamil di wilayah Puskesmas Kecamatan Jakarta Barat = Factors that cause violence againts woman among pregnant adolescents in the West Jakarta District Health Center

Irma Permata Sari; Setyowati, supervisor; Titin Ungsianik, supervisor; Yati Afiyanti, examiner; Wenny Artanty Nisman, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kehamilan remaja memiliki berbagai masalah yang kompleks. Kehamilan remaja yang tidak diinginkan dapat menghadapi stigma sosial atau penolakan oleh orang tua dan teman sebaya serta ancaman kekerasan. Kekerasan pada remaja hamil memiliki dampak negatif bagi kehidupan remaja dan janin yang dikandungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga pada remaja hamil di Jakarta. Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan teknik pengumpulan sampel convenience sampling. Jumlah sampel sebanyak 230 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan menggunakan uji Chi-Square dan Regresi Logistik dengan metode Backward Elimination. Hasil analisis bivariat menunjukan faktor yang berhubungan dengan kekerasan dalam rumah tangga pada  remaja hamil adalah riwayat kekerasan pasangan (p=.000), perilaku pasangan (p=.000), status ekonomi (p=.002) dan dukungan keluarga (p=.033). Perilaku pasangan merupakan faktor yang paling berpengaruh yang berpeluang 73.96 kali lebih besar untuk terjadinya kekerasan dalam rumah tangga pada remaja hamil. (p=.000; OR=73.96).  Kejadian kekerasan dalam rumah tangga yang dialami remaja hamil sangat dipengaruhi oleh baik dan tidaknya perilaku pasangannya. Diperlukannya keterlibatan pasangan dalam proses kehamilan dengan memberikan pemahaman dan pengertian pasangan akan perubahan yang dapat terjadi pada kehamilan.

Adolescents pregnancy has a variety of complex problems. Unwanted adolescents pregnancy can prevent social stigma or rejection by parents, peers and the threat of violence. Violence againts woman among pregnant adolscenrs has a negative impact on the lives of adolescents and unborn fetus. The aims of this research is to identify the caused factors of violence againts woman among pregnant adolescents in Jakarta. A cross-sectional is a design that we used in this research with convenience sampling techniques and questionnaires to collect data. Chi-square and Logistic regression backward elimination method is use as data analysis. The result of bivariate analysis showed the related factors of violence againts woman in adolescents are history of violence among partner (.000), partner behavior (.000), economic status (p=.002) and family support (.033). Partner behavior is the most influence factor related to the violence againt woman among pregnant adolescents (p=.000;OR=73.96). Violence in pregnancy in adolescents problems happened be affected by partner behavior. It is necessary to involve partners in the pregnancy process by providing an understanding of the changes that can occur in pregnancy.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Irma Permata Sari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 62 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-51209128 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506646
Cover