Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis cerita dan etnis target terhadap kemampuan mindreading, yakni kemampuan yang dimiliki individu untuk memahami pikiran serta perasaan orang lain yang diobservasi berdasarkan kondisi mentalnya, pada dewasa muda bersuku Jawa. Penelitian ini merupakan eksperimen menggunakan situs web. Partisipan terdiri dari 62 orang (20-26 tahun) yang kemampuan mindreading-nya diukur menggunakan alat ukur Strange Stories Task (SST) yang diadaptasi dari penelitian Perez-Zapata, dkk. (2016). Pada penelitian ini partisipan mendapatkan dua jenis cerita yaitu cerita mental dan kontrol. Cerita mental pada dua kelompok diberi manipulasi yang berbeda, kelompok yang mendapatkan cerita dengan target etnis Jawa dan cerita dengan target etnis selain Jawa. Kemampuan mindreading partisipan diukur berdasarkan akurasi skor mindreading dan response time menggunakan teknik analisis mxed-design ANOVA. Hasil penelitian menemukan bahwa jenis cerita memengaruhi kemampuan mindreading partisipan. Namun, etnis target tidak berpengaruh terhadap kemampuan mindreading partisipan.
This study aims to determine the effect of story type and target ethnicity on the participants’ mindreading ability, namely the ability possessed by individuals to understand the thoughts and feelings of others who are observed based on their mental condition, in Javanese young adults. This research is an online experiment using a website. Participants consisted of 62 people (20-26 years) whose mindreading abilities were measured using the Strange Stories Task (SST) measurement adapted from Perez-Zapata, et al. (2016). In this study, each participant gets two types of stories, mental and control stories. There are two groups with different manipulation for the mental stories. One group get a story with Javanese ethnic targets and the other group get a story with ethnic targets other than Javanese. The participants' mindreading ability was measured based on the accuracy of mindreading scores and response time using mixed-design ANOVA analysis technique. The results found that the story type affects participant’s mindreading ability. However, the target ethnicity did not affect the participants' mindreading abilities.