UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemetaaan risiko, mitigasi risiko, dan pembuatan harga pokok penjualan UMKM Alienco Photo = Risk mapping, mitigation risk, and determining cost of sales in Alienco Photo

Arya Kheris Sasmita; Hasnul Suhaimi, supervisor; Lily Sudhartio, examiner; Hilda Fachrizah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Di Indonesia sangat banyak UMKM yang tumbuh tiap tahunnya. Tercatat pertumbuhan sebesar 9,6% dari tahun 2017. UMKM dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertanian dan non-pertanian. Alienco Photo merupakan UMKM yang bergerak di bidang industri jasa dokumentasi. Penelitian ini dilangsungkan pada UMKM Alienco Photo dengan menggunakan metode business coaching.Pengumpulan data pada penilitian ini dilakukan dengan metode kualitatif untuk memetakan kondisi dan permasalahan di UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Alienco Photo adalah kurangnya kesadaran akan pengelolaan risiko oleh karyawan serta pemilik UMKM dan penetuan harga jual produk. Maka solusi yang dilakukan adalah dengan memetakan risiko serta memitigasi risiko dan menetapkan harga penjualan produk. Hasilnya karyawan dan pemilik usaha sadar dengan risiko dan potensi risiko yang terjadipada aktivitas bisnis UMKM dan dapat memitigasi risiko. Disamping itu UMKM dapat melakukan strategi penetapan harga jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Alienco Photo dalam mengelola manajemen risiko dan dapat menetapkan harga jual produk.

In Indonesia, there are many Micro Small Medium Enterprise (MSMEs) has grew each year. It recorded a growth by 9.6% from 2017. MSMEs can be devided into two groups, the agriculture and non-agricultural groups. Alienco Foto is a MSMEs that is engaged in the documentation services industry. This research is conducted at MSME Alienco Photo using business coaching method. Data collection in this study was carried out using qualitative methods for mappingcondition and problem in MSMEs. The problems addressed in Alienco Photo is the lack of risk awareness that will be borne by employees and the owners and lack of the determination of cost of sales. So the solution are for mapping risks and mitigate risks and determined cost of sales. The results are the employees and owners aware of the risks and potential risk that occur in MSMEs and they can mitigate all the risk. Besides that, MSMEs can carry out the strategy of determining of the selling price. The purpose of this research is to assist Alienco Photo in managing risk management and being able to determine product selling prices.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Arya Kheris Sasmita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 120 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-21341417 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507065
Cover