UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Perilaku pencarian informasi pada remaja awal mengenai Covid-19 (studi kasus pada remaja awal perumahan Patung Kuda Bekasi) = Information seeking behavior in adolescents regarding Covid-19 (case study on adolescents in the housing, Patung Kuda Bekasi)

Fatimah; Yeni Budi Rachman, supervisor; Laksmi, examiner; Luluk Tri Wulandari, examiner ([Publisher not identified] , 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Tugas akhir ini membahas perilaku pencarian informasi pada remaja awal mengenai Covid-19 pada studi kasus remaja awal di Perumahan Patung Kuda Bekasi. Remaja awal ini mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi untuk mencari tahu informasi terlebih mengenai isu kesehatan saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi perilaku pencarian informasi remaja awal Perumahan Patung Kuda dalam memenuhi pengetahuan akan informasi Covid-19 dalam kehidupan di tengah merebaknya wabah tersebut dengan menggunakan model perilaku pencarian informasi Ellis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi sumber informasi yang digunakan dan hambatan apa saja yang mereka alami selama melakukan pencarian informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan dari bulan Maret 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja awal Perumahan Patung Kuda melakukan perilaku pencarian informasi model Ellis, yang secara umum dilakukan oleh remaja awal adalah starting, browsing, differentiating, monitoring, extracting, dan ending. Dalam penelusuran informasi adapun sumber yang digunakan mulai dari media internet seperti Google, Twitter, Instagram dan Youtube. Kemudian aplikasi iPusnas, dan terakhir berita di televisi. Hambatan yang dialami oeh informan mulai dari rasa malas dalam melakukan pencarian informasi. Mengenai karakteristik informasi yaitu bahasa. Selain itu minimnya kemampuan dalam strategi pencarian dan penelusuran informasi.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Fatimah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 29 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-209959471 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507474
Cover