UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Alcoholism in Jack Torrance's The Shining (1980) and Danny Torrance's Doctor Sleep (2019) = Alkoholisme pada Jack Torrance dalam Film The Shining (1980) dan Danny Torrance dalam Film Doctor Sleep (2019)

Khalis Rahma Kusuma; Marti Fauziah, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Alkoholisme merupakan isu yang umum ditemukan dalam film. The Shining (1980) dan Doctor Sleep (2019) merupakan dua contoh dari banyaknya penggambaran alkoholik dalam film yang menceritakan tentang kehidupan Jack dan Danny Torrance, seorang ayah dan anaknya yang berjuang melawan alkoholisme dan pengaruh-pengaruh supernatural dalam kehidupan mereka. Penelitian terhadap The Shining (1980) telah banyak dilakukan, namun belum ada penelitian yang membahas tentang Doctor Sleep (2019). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penggambaran alkoholisme pada serial film ini cocok dengan teori alkoholisme Denzin yang berasal dari studi empirik terhadap alkoholik di kehidupan nyata, serta menganalisis mekanisme pertahanan yang terdapat pada karakter di serial film tersebut dalam menghadapi masalah alkoholisme mereka. Penelitian ini menggunakan teori Denzin yaitu thesis of the temporality of self dan relational structure of self serta defense mechanism oleh Freud untuk menjelaskan bagaimana karakter pada serial film tersebut mengenal dan mengatasi alkoholisme mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggambaran alkoholisme pada serial film tersebut cocok dengan teori alkoholisme Denzin yang berdasarkan pada alkoholik di kehidupan nyata, dan mekanisme pertahanan yang terdapat pada karakter terpengaruh sebagian besar oleh kejadian yang dialami oleh karakter.

Alcoholism is a common issue which can be found in many films. The Shining (1980) and Doctor Sleep (2019) are some of the examples of alcoholic portrayals in films which tell the life of Jack and Danny Torrance, a father and son, who struggle over alcoholism and supernatural influences. There have been many studies conducted on The Shining (1980), yet none has been done on its sequel, Doctor Sleep (2019). This study aims to analyse whether the portrayal of alcoholism in this film series fits with Denzin’s theory of alcoholism, which derives from the empirical study of the alcoholics, and to discover the defense mechanisms developed by the characters in facing their alcoholism. This study uses Norman K. Denzin`s thesis of the temporality of self and the relational structures of self, and Freud`s defense mechanisms to explain how the characters identify and manage their alcoholism. The study reveals that the portrayal of alcoholism in the films matches Denzin`s theory of real-life alcoholism, and that the defense mechanisms developed by the characters are largely influenced by the circumstances surrounding the characters.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Khalis Rahma Kusuma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-237222366 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508312
Cover