UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Penerapan Kaizen pada Anak Perusahaan Ritel Asal Jepang = The Implementation of Kaizen in Japanese Retail Subsidiary

Fikri Haikal; Fachril Subhandian, supervisor; Dewi Anggraeni, examiner; Bachtiar Alam, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kaizen merupakan nilai budaya yang berasal dari Jepang. Kaizen adalah perubahan yang berkesinambungan baik dalam pribadi, keluarga maupun tempat kerja. Penerapan nilai kaizen di tempat kerja dilakukan antara karyawan dan manajer. Perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia juga menerapkan nilai-nilai kaizen kepada karyawannya salah satunya adalah PT. A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai kaizen di PT. A. Teori yang digunakan adalah Masaaki Imai mengenai kaizen. Penelitian ini berpusat kepada kaizen yang diberikan individu kepada perusahaan dan kaizen perusahaan kepada individu. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif berdasarkan hasil kuesioner kemudian data diolah berdasarkan kebutuhan analisis. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT. A memberikan fasilitas kepada karyawannya dengan kotak saran, hotline, peningkatan kualitas karyawan dengan program pelatihan, dan menerapkan nilai disiplin. Nilai-nilai PT. A tidak memberikan pemahaman secara eksplisit tentang kaizen kepada karyawannya. Perbedaan lainnya dengan perusahaan Jepang lainnya yang beroperasi di Indonesia adalah PT. A tidak memiliki divisi yang memperkenalkan kaizen kepada karyawannya.

Kaizen is a culture value originated in Japan. Kaizen is a continuous improvement in personal, family and workplace. The implementation of kaizen in the workplace is carried out by employees and managers. Japanese companies operating in Indonesia also apply kaizen. The aim of study is to find out  the implementation of kaizen in PT. A. The theory used is Masaki Imai about individual-oriented kaizen. This research is centered on kaizen given by individuals to companies and kaizen companies to individuals. The research method uses quantitative method based on the results of the questionnaire then the data is processed based on the needs of the analysis. Data collection technique used by researcher is purposive sampling. The results showed that PT. A gives facilities to its employees with suggestion boxes, improves the quality of employees with training programs, and applies the discipline. PT. A does not tell an explicit about kaizen to its employees. Another difference with other Japanese companies operating in Indonesia is PT. A does not have a division that introduces kaizen to its employees.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Fikri Haikal.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 48 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-297048908 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508313
Cover