UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Novel Grad Obrechennyii (kota malapetaka, 1988) sebagai kritik sosial terhadap pemerintahan Soviet = Novel Grad Obrechennyii (the doomed city, 1988) as a social criticism on the Soviet government

Yemima Epifania Riandini Debora; Limbong, Banggas, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Sastra di Rusia sudah menjadi alat yang digunakan untuk mengkritik, terutama mengkritik pemerintah. Strugatsky bersaudara sendiri merupakan penulis fiksi ilmiah yang dikenal oleh banyak orang, dan mereka juga menggunakan karyanya untuk mengkritik penguasa yang memegang pemerintahan saat itu, pemerintahan Soviet, salah satunya lewat novel Grad obrechennyii (1988). Untuk melihat kritik-kritik yang disampaikan dalam novel ini, teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra Swingewood, yang melihat sastra memiliki hubungan dengan kehidpuan sosial manusia; dan teori tokoh dan penokohan milik Abrams, yang mengatakan bahwa tokoh adalah individu yang digambarkan dalam karya drama atau naratif dengan moral, intelektual dan emosional tertentu. Metode yang digunakan adalah ekspositori serta deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian analisis dokumen.

Literature in Russia, for years, has been used as a tool to criticize the government. The Strugatsky brothers were infamous science fiction writers, and they also used their works to criticize the Soviet government, through one of their novels, Grad obrechennyii (1988). In order to identify the criticisms conveyed in this novel, theory of sociology of literature by Swingewood is applied in this research, which sees literature too is pre-eminently concerned with man's social world, and Abrams’ character and characterization theory, where characters are the persons represented in a dramatic or narrative work, who are endowed with particular moral, intellectual, and emotional qualities. The method used is expository and qualitative descriptive with document analysis research type.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Yemima Epifania Riandini Debora.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 34 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-532630586 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508315
Cover