UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis hubungan praktik kolaborasi interprofesi dengan kepuasan klien hipertensi: Studi literatur = Analysis of the relationship between interprofessional collaborative practice and hypertensive patients' satisfaction: A literature review.

Aderika Sartika; Wiwin Wiarsih, supervisor; Astuti Yuni Nursasi, examiner; Henny Permatasari, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Praktik kolaborasi interprofesi berdampak positif pada efektivitas penanganan hipertensi. Hal tersebut diharapkan akan mempengaruhi kepuasan klien hipertensi. Namun, belum ada studi yang secara spesifik membahas mengenai hubungan antara praktik kolaborasi interprofesi dengan kepuasan klien hipertensi. Atas dasar tersebut, studi literatur ini disusun bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi hubungan antara praktik kolaborasi interprofesi dengan kepuasan klien hipertensi. Penilaian sistematis studi penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015-2020 melalui 6 online database, yaitu Google Scholar, Science Direct, SCOPUS, CINAHL, Proquest dan Wiley Online Library, telah dilakukan. Pencarian tersebut menghasilkan total 339 artikel. Peninjauan artikel berdasarkan duplikasi, judul, abstrak, dan full text menghasilkan 11 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Semua artikel yang digunakan juga telah melalui proses penilaian kualitas dan menghasilkan skor >50%. Mayoritas studi menunjukkan bahwa peningkatan kualitas perawatan klien hipertensi yang disebabkan oleh praktik kolaborasi interprofesi berbanding lurus dengan kepuasan klien. Maka dari itu, praktik kolaborasi interprofesi perlu untuk diterapkan dalam pelayanan keperawatan agar tercipta pelayanan yang optimal.

Interprofessional collaborative practice have a positive impact on the effectiveness of managing hypertension. It is expected to affect patient satisfaction as well. Unfortunately, there are no studies that specifically address the relationship between interprofessional collaborative practice and hypertensive patients' satisfaction. This literature review aims to analyze and identify the relationship between interprofessional collaborative practice with hypertensive patients' satisfaction. A systematic appraisal of research studies published through 2015-2020 was conducted using 6 online databases, namely Google Scholar, Science Direct, SCOPUS, CINAHL, Proquest and Wiley Online Library. The literature seacrh yielded 339 literatures in total. The review based on duplication, title, abstract, and full text resulted in 11 literatures that met the inclusion criteria. All of the literatures used also gone through quality assessment process and resulted a score of >50%. Majority of studies show that the improvement in the quality of care caused by interprofessional collaborative practice is directly proportional to patient satisfaction. Therefore, interprofessional collaborative practice needs to be implemented in nursing services in order to create optimal services.

 File Digital: 1

Shelf
 Pdf-Aderika Sartika.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 44 pages : illustration ; appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-45397205 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508571
Cover