UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pengaruh peradaban Islam dalam bidang seni : pengaruh konsep musik Al-Farabi pada perkembangan teori musik di Eropa abad Pertengahan (1130-1150 M) = Influence of Islamic civilization in arts: Al-Farabi influence in the development of music theory in Medieval Europe (1130-1150 AD)

Ellizartama Taufik Hadimulyo; Apipudin, supervisor; Fauzan Muslim, examiner; Bastian Zulyeno, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang seorang tokoh yang bernama al-Farabi dan konsepnya tentang teori musik dan juga bagaimana gagasan dari konsepnya tersebut dapat mempengaruhi perkembangan teori musik di Eropa pada abad pertengahan. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan metode studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah teori difusi budaya menurut Leo Frobenius (1897) dan teori pengaruh budaya melalui difusi menurut Sanders & Price (1968). Temuan dari penelitian ini adalah konsep tentang teori musik dari al-Farabi memiliki pengaruh yang penting pada perkembangan teori musik di Eropa pada abad pertengahan.

 

Kata Kunci:  Al-Farabi; Abad Pertengahan; Eropa; Teori Musik.


Influence of Islamic Civilization in Arts:

Al-Farabi Influence in the Development of Music Theory in Medieval Europe (1130-1150 AD)

 

Abstract

 

The research of this paper is to discuss about al-Farabi and his concept about music theory and how his concept had its influence in the development of music theory in medieval Europe. The research method that is used in this paper is a qualitative research method. Theories of the research in this paper is based on a cultural diffusion according to Leo Frobensius (1897) and theory of cultural influence through a diffusion according to Sanders & Price (1968). Based from the data that is collected on this research, this research had discovered that al-Farabi’s concept of music had its influence on the development of music theory in medieval Europe.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ellizartama Taufik Hadimulyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 22 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-21-683173349 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508740
Cover