UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Kebutuhan dan Silabus Kelas Wicara Publik di SMA dengan Profil Entrepreneurship = Needs Analysis and Syllabus of Public Speeaking Class in a High School with Entrepreneurship Profile.

Eric Estha Dahana; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; Totok Suhardijanto, examiner; Muhammad Arie Andhiko Ajie, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mata pelajaran Wicara Publik yang ada dan merancang silabus baru untuk mata pelajaran peminatan bahasa Inggris Wicara Publik menggunakan metode English for Specific Purposes (ESP) di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki profil entrepreneurship. Ancangan penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif (mixed methods design research). Data ancangan kuantitatif (desain survei) bersumber dari kuesioner yang disebarkan kepada pemelajar dan pembelajar untuk memperoleh informasi dari dua perspektif berbeda. Di sisi lain, ancangan kualitatif (desain deskriptif interpretatif) digunakan untuk mengolah data yang berasal dari hasil wawancara terhadap pemangku kepentingan, pembelajar dan pemelajar. Observasi kelas dalam penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi tentang proses pembelajaran wicara publik yang berlangsung di dalam ruang kelas. Analisis kebutuhan dilakukan menggunakan pedoman needs analysis-informed teaching for English for specific purposes (Albassri, 2002) dan beberapa sumber pustaka yang relevan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa program wicara publik yang sudah dilaksanakan belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pemelajar untuk mengembangkan kemahiran komunikasi entrepreneurial dan oleh karena itu dibutuhkan silabus yang sejalan dengan tujuan pengadaan program tersebut. Meski demikian, mayoritas responden mengatakan bahwa kemahiran wicara publik mereka meningkat. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi topik-topik wicara publik entrepreneurship dan elemen-elemen bahasa yang diperlukan untuk mengembangkan kemahiran komunikasi entrepreneurial dan perlu dimasukkan ke dalam silabus yang baru. Silabus ini dapat juga digunakan di sekolah-sekolah lain yang ingin mengembangkan kemahiran entrepreneruship pemelajarnya lebih dini.

ABSTRACT
This study aims to evaluate a Public Speaking course and design a new syllabus for an English Public Speaking course using the English for Special Purposes (ESP) method in a high school (SMA) which has an entrepreneurial profile. This research is quantitative and qualitative in nature (mixed methods research design). Quantitative data (survey design) were elicited from questionnaires distributed to both learners and teachers to obtain information from two different perspectives. On the other hand, a qualitative approach is used to process data elicited from interviews with the stakeholder, learners and teachers. Class observations in this study aimed to identify and obtain information about the learning process of public speaking conducted in the classroom. Needs analysis was carried out using analysis of information-based teaching needs for English for specific purposes (Albassri, 2002) and some relevant library sources. Based on the result findings of the analysis, it can be concluded that the ongoing public speaking program was not fully in accordance with the needs of learners to develop entrepreneurial communication skills and therefore a syllabus that was in line with the objectives of the program was needed. However, the majority of the respondents said that their public speaking skills had improved. This research successfully identified the topics of entrepreneurship public speaking and the language elements needed to develop the entrepreneurial communication skills that need to be incorporated into the new syllabus. This syllabus can also be used in other schools that are willing to develop their learners' entrepreneurship skills at earlier stage.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Eric Estha Dahana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 155 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-21-499912971 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508771
Cover