UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

The Influence of Ceo`s narcissism on firm`s r&d investment and the moderating role of firm size = Pengaruh narsisistik pejabat eksekutif tertinggi terhadap investasi dalam penelitian dan perkembangan dan peran ukuran perusahaan sebagai moderator

Seira Jamal; Verwaeren, Bart, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Para ahli telah lama membahas sifat narsisme dan keterkaitannya dengan kinerja organisasi. Beberapa studi sebelumnya telah memperdebatkan apakah seorang pejabat eksekutif tertinggi yang narsisistik bermanfaat atau merugikan bagi organisasi. Namun, perdebatan ini tetap tidak terjawab. Dengan berkontribusi pada kesenjangan penelitian ini, saya mengusulkan bahwa perusahaan yang dipimpin oleh pejabat eksekutif yang narsistik kemungkinan akan berinvestasi dalam penelitian dan perkembangan yang jumlahnya lebih tinggi, dan ukuran perusahaan akan memperkuat efek ini.
Penelitian ini dilakukan secara empiris dengan menggunakan sampel 114 perusahaan teknologi komputer yang sudah terpublik dan terdaftar di bursa efek pada tahun 2014. Analisis regresi moderasi hierarkis dilakukan untuk menguji hipotesis penelitian ini. Namun, hasilnya menunjukkan bahwa narsisme bukanlah prediktor signifikan dari investasi dalam penelitian dan perkembangan, dan ukuran perusahaan tidak memoderasi hubungan ini. Saya menyarankan bahwa alasan utama untuk hasil yang tidak signifikan ini adalah kurangnya pengukuran narsisme pada pejabat eksekutif tertinggi dan jumlah perusahaan kecil yang tidak memadai dalam sampel.

Scholars have long discussed the trait of narcissism and its interplay with organizational outcomes. Several prior studies have been debating whether a narcissistic CEO is beneficial or detrimental for the organization. However, this debate remains unanswered. By contributing to this research gap, I propose that a firm that is led by a narcissistic CEO will likely exhibit higher R&D investment, and firm size will strengthen this effect.
This study is conducted empirically by using 114 computer technology firms that are publicly listed in the stock exchange in the year of 2014 as the sample. The hierarchical moderated regression analysis is conducted to test the hypotheses of this study. However, the result implies that the CEO’s narcissism is not a significant predictor of R&D investment, and firm size does not moderate this relationship. I suggest that the main reason for the insignificant result is the lack of CEO’s narcissism measurement and the inadequate number of small-sized firms in the sample. Since the result does not support the proposed hypotheses, HR, board directors, and managers should not put too much attention on the CEO’s narcissism. There may be other important factors that will directly influence the firm’s R&D investment besides the CEO’s narcissistic traits.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Seira Jamal.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 36 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-21-46914514 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20509084
Cover