UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (Studi Kasus: LinkAja Syariah) = Factors Analysis of Intention to Use in New Product (Case Study: LinkAja Syariah)

Ummu Sholihah; Nurwahidin, supervisor; Nur Fatwa, supervisor; Saiful Anwar, examiner; Muhammad Zilal Hamzah, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Gaya hidup serba cepat dan serba praktis sudah menjadi budaya masyarakat saat ini. Masyarakat tidak perlu repot membawa uang tunai untuk berbelanja. Uang elektronik telah menggantikan segalanya. Salah satunya adalah dengan munculnya produk uang elektronik Syariah. Produk uang elektronik LinkAja Syariah adalah sebuah pengembangan produk baru dari produk LinkAja. Tesis ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat (intention to use) penggunaan uang elektronik syariah sebagai kategori produk baru untuk alat pembayaran di Indonesia, dengan mengangkat studi kasus LinkAja Syariah. Penelitian ini mengintegrasikan Theory Acceptance Model (TAM) dan Theory Planned Behavior (TPB). Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif deskriptif dan eksploratif. Pengumpulan data dilakukan secara teracak pada seluruh generasi milenial muslim se-Indonesia. Dalam pengujian hipotesis digunakan Structured Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan AMOS untuk mengevaluasi pengaruh hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa minat (intention to use) penggunaan LinkAja Syariah dipengaruhi oleh sikap (attitude), persepsi kontrol perilaku (perceived behavior control), norma subyektif (subjective norm), religious belief, dan level of knowledge


The fast-paced and practical lifestyles have become todays culture. People dont have to bother to bring cash to shop. Electronic money has replaced everything. One is the emergence of islamic electronic money products. Sharia Linkaja electronic money product is an development of a new product from linkaja products. This thesis analyzes the factors that influence intention to use of new products with a case study of electronic money LinkAja Syariah which is consider as new product categories of payment tools in Indonesia. This study integrates the Theory of Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). This study is descriptive and exploratory quantitative research. Data collected on random sampling of millennial generation of Muslims in Indonesia. Structured Equation Modeling (SEM)  with AMOS is used to test the hypothesis in term of evaluating the effect of the hypothesis research. The results found that the intention to use of LinkAja Syariah influenced by the attitude (ATU), perceived behavior control (PBC), subjective norm (SN), religious belief (RB) and level of knowledge (LoK).

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ummu Sholihah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiv, 106 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-369064131 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20510370
Cover