Penelitian ini menganalisis strategi ekspansi bisnis yang dilakukan oleh PT BLUE terhadap investasi ban bias yang telah dijalankan sejak bulan Juli 2014. Pada penelitian ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai realisasi dari proyek ekspansi bisnis ban bias dibandingkan dengan estimasi awal proyek serta ekspektasi PT BLUE ke depan terhadap proyek dan strategi perusahaan untuk mengantisipasi dampak perubahan kondisi industri dan makro ekonomi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis variance, analisis discounted cash flow dengan Net Present Value, Modified Internal Rate of Return (MIRR), metode periode pengembalian (payback period) dan Profitability Index yang merupakan bagian dari metode Capital Budgeting. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian analisis sensitivitas, analisis resiko serta simulasi Monte Carlo terhadap resiko ketidakpastian dalam proyek investasi ban bias. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kerangka studi kelayakan finansial dengan berbagai alternatif strategi yang dapat diambil oleh perusahaan untuk memaksimalkan profitabilitas perusahaan di masa yang akan datang.
This research analyses the expansion strategy of PT BLUE. This research compares the realization of the expansion project against the estimates, expectation of the company in the future and companys strategy to anticipate changes of the industry and microeconomic circumstances. The methods used in this research consist of variance analysis, Discounted Cash Flow analysis with Net Present Value, Modified Internal Rate of Return (MIRR), Payback period method and Profitability Index which are part of Capital Budgeting methods. There are also tests for sensitivity analysis, scenario analysis and Monte Carlo simulation to support the analysis to address uncertainty risk in the investment project of Bias tires. This research is expected to provide a framework for financial feasibility studies with alternative strategy for PT BLUE to optimize the companys profitability.