UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perilaku ekspor dan produktivitas perusahaan pada usaha manufaktur mikro dan kecil di Indonesia: pendekatan model limited dependent = Export behavior and firm productivity in micro and small manufacturing firms in Indonesia: limited dependent model approaches

Edi Kiswanto; Kataoka, Mitsuhiko, supervisor; Muhammad Halley Yudhistira, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Studi ini mengkaji peran produktivitas dalam menjelaskan perilaku ekspor perusahaan manufaktur mikro dan kecil Indonesia berdasarkan firm-level dataset dari survei manufaktur mikro dan kecil tahun 2015 (VIMK15) Badan Pusat Statistik. Dengan menggunakan model Probit dan Tobit, studi ini menganalisis peran produktivitas perusahaan, yang diproksikan dengan produktivitas tenaga kerja dan rasio output terhadap biaya, dalam menentukan partisipasi dan intensitas ekspor perusahaan. Faktor lain yang berhubungan dengan produktivitas dan karakteristik perusahaan juga digunakan sebagai variabel kontrol. Temuan dari studi ini adalah produktivitas tenaga kerja dan rasio output terhadap biaya, secara positif dan signifikan menentukan partisipasi dan intensitas ekspor meskipun marginal effect-nya kecil dalam menentukan perilaku ekspor. Selain itu, sumber daya manusia, yang diukur dengan pendidikan pimpinan perusahaan dan pelatihan ketenagakerjaan, memberikan pengaruh yang besar dalam mendorong perusahaan untuk berpartisipasi dalam pasar ekspor. Oleh karena itu, memberikan pelatihan yang sesuai dan proporsional bagi para pekerja dapat menjadi sarana untuk mendukung perkembangan perusahaan manufaktur mikro dan kecil di Indonesia.

This study examines the role of productivity in explaining Indonesian micro and small manufacturing firms export behavior based on a firm-level dataset of micro and small manufacturing survey year 2015 (VIMK15) from Statistics Indonesia. By utilizing the Probit and Tobit model, this study analyses the role of the firms productivity, which is proxied by labor productivity and output to cost ratio, on determining firms export participation and intensity. The other factor related to productivity and firms characteristic also used as control variables. This study found that labor productivity and output to cost ratio, positively and significantly determine export participation and intensity even though its marginal effect plays a minor role in the export behavior. Besides, human capital, as measured by CEO education and employment training, contributes a major impact on encouraging firms to participate in the export market. Therefore, providing appropriate and reasonable training for the employee might be a supportive tool for Indonesia micro and small manufacturing firms development.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Edi Kiswanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 31 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-90662253 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20510638
Cover