UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Alokasi Lattice Pada UMKM Batik Basurek = Cost of Goods Sold (COGS) Using Lattice Allocation Method in MSME Batik Basurek

Novella Carita Amelia; Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Lindawati Gani, examiner; Ancella Anitawati Hermawan, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga pokok produksi (HPP) yang tepat menggunakan metode Acitivity-Based Costing (ABC) dan menggunakan metode alokasi lattice dalam megalokasikan biaya tidak langsung pada UMKM Batik Basurek. Penelitian ini memperkenalkan metode alokasi lattice (LA) yang mensimplifikasi pembebanan dua tahap pada activity-based costing (ABC) menjadi satu langkah. Metode ini menggunakan matriks aljabar yang di operasikan pada Excel spreadsheet untuk melakukan perhitungan alokasi biaya yang kompleks. Penelitian ini menyimpulkan bahwa harga pokok produksi (HPP) yang diperoleh dengan metode (ABC) lebih akurat karena setiap kategori biaya dialokasikan ke aktivitas sebelum dibebankan ke objek biaya. Penelitian ini juga menyimpulkan dengan menggunakan LA dalam pengalokasian biaya tidak langsung diperoleh informasi biaya yang dapat digunakan dalam upaya efisiensi biaya. Karena LA memberikan informasi tentang sumber biaya yang dialokasikan ke objek biaya. Penggunaan metode LA juga dapat menghindari terjadinya kesalah dalam perhitungan tarif biaya aktivitas. Penelitian ini memberikan kontribusi yang belum pernah diberikan oleh penelitian sebelumnya. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan terkait penentuan HPP yang akurat danĀ  alokasi biaya yang tepat bagi perusahaan dengan berbagai skala. Selanjutnya, penelitian ini memberikan kontribusi kepada kepada bidang akademis atau bagian keilmuan yaitu sebagai suatu alat pedagogis mata ajar akuntansi biaya.


This study aims to analyze the determination of cost of goods sold (COGS) using the Acitivity-Based Costing (ABC) method and lattice allocation method in allocating indirect costs at MSMEs namely Batik Basurek. This study introduces a lattice allocation (LA) method which simplifies two-step activity-based costing into one step. This method uses matrix algebra operated on Excel spreadsheet to calculate complex cost allocation. This study concludes that the cost of goods sold (COGS) obtained by the ABC method is more accurate because each cost category is allocated to activities before being assigned to the cost object. This study also concludes by using LA metohod in the allocation of indirect costs could obtained costs information that can be used in cost efficiency. Because LA provides information about the source of costs allocated to the cost object. The use of LA method can also avoid errors in calculating the activity-cost rate. This research provides contributions that have not been provided by previous studies. This research contributes to the decision making related to the determination of accurate COGS and appropriate cost allocation for companies of various scales. Furthermore, this study contributes to the academicor the scientific field as a pedagogical tool for cost accounting subject.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Novella Carita Amelia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 74 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-411925051 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20511041
Cover