Revolusi industri dalam bidang informasi di Perpustakaan telah mengalami perkembangan. Tantangan yang dihadapi
oleh perpustakaan adalah bagaimana penerapan konsep 4.0 ini disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki
perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang dan mengembangkan chatbot yang
berfungsi sebagai customer service. Metode penelitian yang digunakan dengan Google Design Sprint yang terdiri dari
Understand, Define, Diverge, Decide, Prototype dan Validate. Analisis data menggunakan user centered design yaitu
kesesuaian antara desain dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Hasil dan pembahasan yaitu penerapan Artificial
Intelligence di perpustakaan dengan cara memasang chatbot untuk pekerjaan customer service bisa dilakukan dengan
memanfaatkan aplikasi manychat. Fitur yang dipasang disesuaikan dengan FAQ (Frequanlty Ask Question) yang telah
didokumentasikan di perpustakaan. Hasil penelitian adalah chatbot berhasil dipasang dan bisa berfungsi dengan baik
melalui usability test. Untuk hasil lebih optimal dibutuhkan integrasi dengan channel komunikasi lain yang dimiliki oleh
perpustakaan.