Buku Teks :: Kembali

Buku Teks :: Kembali

Sosiologi: suatu pengantar

Soerjono Soekanto (RajaGrafindo Persada, 2013)

 Abstrak

Dalam kehidupan sosial, manusia memerlukan manusia lainnya untuk hidup dan berinteraksi dengan baik. Manusia juga memiliki ketergantungan dalam memenuhi kebutuhannya. Sampai akhirnya manusia itu sendiri dihadapkan oleh keterbatasan ?keterbatasan, sehingga perlu bekerja sama dengan orang lain dan tidak terlepas dari pergaulan (sosialisasi).
Tanpa disadari, belajar dan berada dalam kehidupan sosial sudah terjadi dari sejak manusia itu lahir. Contohnya: seorang bayi menangis karena lapar atau sesuatu , lalu ibunya dengan cepat melayani anaknya. Walaupun si bayi tidak berkomunikasi dengan bahasa lisan normal. Hal tersebut merupakan interaksi sosial yang ada dalam kehidupan sehari ? hari.
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi manusia di dalam masyarakat (antar individu,antar individu dan kelompok,dan antara kelompok dan kelompok). Sosiologi pun mengupas bagaimana sebab sesuatu terjadi , akibatnya, hingga penyelesaiannya. Contoh Pemerintah yang korupsi membuat rakyatnya bergejolak bahkan konflik sosial timbul di masyarakat, bagaimana hal itu bisa terjadi? Untuk penyelesaiaannya? Adalah dapat kita temukan dalam buku ini.
Buku ini sudah tidak asing bagi pembaca dan pencari informasi tentang ilmu sosiologi dari berbagai sudut pandangnya. Buku ini memberikan informasi apapun tentang sosiologi yang dibutuhkan pembacanya.
Dalam abad ke 19 , seorang ahli filsafat berkebangsaan Prancis , Auguste Comte menulis beberapa buku yang mempelajari masyarakat. Dia mempunyai anggapan bahwa penelitian terhadap permasalahan kemasyarakatan & gejala?gejala masyarakat memasuki tahap akhir, yaitu tahap ilmiah. Kemudian ia menyarankan agar semua penelitian pada masyarakat dituangkan menjadi suatu ilmu tentang masyarakat yang berdiri sendiri, nama yang diberikan adalah ?Sosiologi? (1939), socius berarti kawan dan logos berarti kata atau berbicara, jadi Sosiologi artinya ? Berbicara Mengenai Masyarakat?.
Seperti pertanyaan diatas pada kasus penguasa yang korupsi yang membuat gejolak sosial dibahas dalam bab 6 dan 7. Apa itu kekuasaan? hingga teori revolusi bagaimana perubahan sosial terjadi secara cepat . Bahkan pembahasan mengenai public speaking tentang apa yang harus dimiliki seorang public speaker, sampai cara untuk membuat & mempengaruhi audience pun dikupas disini.
Materi di halaman 385 mengenai tinjauan sosiologi mengenai lingkungan anak dan remaja yang menunjang tumbuhnya motivasi dan keberhasilan studi anak, tentunya berguna bagi para tenaga pengajar PAUD (pendidikan anak usia dini) , orangtua, bahkan pemerhati anak lainnya yang membahas seberapa besar pengaruh lingkungan dalam tumbuh kembang kepribadian seorang anak.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : Buku Teks
No. Panggil : 301 SOE s
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013
Sumber Pengatalogan:
ISBN: 9789797695774
Tipe Konten:
Tipe Media:
Tipe Carrier:
Edisi: Revised edition
Catatan Seri:
Catatan Umum:
Catatan Versi Asli:
Deskripsi Fisik: xiii, 411 pages : illustration ; 24 cm
Lembaga Pemilik: Universitas Indonesia
Lokasi: Perpustakaan UI, Lantai 2
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
301 SOE s 01-15-07281 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20512353
Cover