UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Tiga Dimensi Memetik pada Meme Viral Bertema Politik di Twitter Saat Peristiwa Demonstrasi Mahasiswa September 2019 = Three-Dimensional Memetic Analysis of Student Demonstration September 2019's Political-Themed Viral Memes on Twitter

Eldo Novan Pratama; Ummi Salamah, supervisor; Dorien Kartikawangi, examiner; Nainggolan, Juli Bestian, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Menggambarkan bagaimana meme politik yang viral di media sosial Twitter melalui tiga dimensi dan faktor penyebaran konten apa saja yang muncul dalam meme politik viral di media sosial Twitter pada saat demonstrasi mahasiswa pada September 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content). Data yang dianalisis adalah dari hasil dokumentasi lapangan pada media Twitter. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa meme mengandung tiga dimensi, yang mana setiap meme memiliki karakteristik dimensinya masingmasing. Viralnya sebuah meme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah enam faktor konten viral yang dikemukakan oleh Shifman (2014). Setiap meme pasti memiliki dua atau lebih faktor tersebut. Faktor positivity (humour) merupakan salah satu faktor yang sangat digemari dan dapat menjadi hal krusial dalam membantu penyebaran meme tersebut. Selain itu, setiap meme juga memiliki fungsi komunikasinya masing-masing yang dapat membantu bagaimana meme tersebut dapat diterima baik dalam masyarakat. Meme yang viral juga bisa dibuat oleh akun yang memiliki pengikut yang sedikit.

Describes how viral political memes on Twitter social media through three dimensions and what content distribution factors appeared in viral political memes on Twitter social media during student demonstrations in September 2019. This study uses a qualitative approach with content analysis methods. The data analyzed is from the results of field documentation on Twitter media. From the results of this study, it is known that memes contain three dimensions, where each meme has its own characteristic dimensions. The virality of a meme is influenced by several factors, including the six factors of viral content stated by Shifman (2014). Every meme has two or more of these factors. The positivity (humor) factor is one factor that is very popular and can be crucial in helping the spread of these memes. In addition, each meme also has its own communication function which can help how the meme can be well received in society. Memes that are viral can also be created by accounts that have a small following.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Eldo Novan Pratama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 141 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-501906470 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20513176
Cover