UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Eliminating unsafe behaviour through the implementation of nudge theory in Indonesian industry = Mengurangi perilaku tidak aman menggunakan teori nudge pada dunia perindustrian Indonesia.

Andri Prabowo; Billy Muhamad Iqbal, supervisor; Armand Omar Moeis, examiner; Novandra Rhezza Pratama, examiner; Erlinda Muslim, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Tingginya angka kecelakaan kerja yang berhubungan dengan pekerjaan di dunia termasuk Indonesia masih sangat memprihatinkan. Para ahli terus berusaha dalam mencari cara untuk menurunkan angka kecelakaan kerja di seluruh dunia dengan mengembangkan beberapa penelitian terkait penyebab utama dari munculnya kecelakaan kerja tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa perilaku tidak aman merupakan salah satu faktor yang berkontribusi besar terhadap tingginya angka kecelakaan kerja. Oleh karena itu, dengan menghilangkan perilaku tidak aman tersebut, sebagian besar kecelakaan kerja akan hilang. Penelitian ini memperkenalkan ‘nudge’ sebagai dorongan untuk meningkatkan perilaku budaya keselamatan kerja di dunia Industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghilangkan perilaku tidak aman di bidang industri Indonesia dengan menggunakan metode ‘nudge’ yang berfokus pada mengurangi risiko pendengaran, sehingga bisa dilihat bahwa ‘nudge’ dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen keselamatan serta budaya keselamatan yang berfokus pada Kesehatan dan keselamatan di dunia kerja. Penelitian ini juga akan membuktikan bahwa ‘nudge’ dapat secara efektif menghilangkan perilaku tidak aman secara sukarela tanpa paksaan dibandingkan dengan adanya aturan maupun instruksi yang berlaku. Penerapan ‘nudge’ akan dilakukan melalui pemeriksaan pendengaran harian menggunakan uji audiometri nada murni.

The high number of occupational accident and work-related disease in the world, including Indonesia is still at alarming rate. Over the time, experts are trying to find a way to lower the occupational accident rate all around the world by developing several research about the major cause of it. Current findings shows that one factor that massively contributes to the numbers of occupational accident is unsafe behaviour. Hence, by eliminating unsafe behaviour, it would make the most occupational accidents disappear. This research will introduce ‘nudge’ as a gentle behavioural pushes to improve safety culture in the industry. As this research objective is to eliminate unsafe behaviour using nudge in Indonesian Industry with the aim to reduce hearing risk, we will see that nudge can be integrated with safety management systems and safety culture paradigm to focus on health and safety at work. This research will also give proof, that nudge can effectively eliminate unsafe behaviour based on convincing and free will instead of rules and instructions. The nudge implementation will be demonstrated through daily hearing check using audiometry pure tone testing.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Andri Prabowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 100 pages: illustration; appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-05435545 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20513777
Cover