UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis penerapan risk based audit dan penyusunan program pemeriksaan pada kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi = Analysis of the risk based audit implementation and the preparation of an audit program at kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.

Nur Meilani Tri Nugraheni; Bambang Pamungkas, supervisor; Wondabio, Ludovicus Sensi, examiner; Eliza Fatima, co-promotor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Risk Based Audit merupakan salah satu metode audit yang dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan risiko. Dengan menggunakan metode Risk Based Audit, diharapkan pelaksanaan audit dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien, dengan hasil audit yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Risk Based Audit pada pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selanjutnya, dalam penelitian ini akan menganalisis penyusunan Program Pemeriksaan yang sesuai dengan Risk Based Audit yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian penelitian ini juga akan membahas tentang pelaksanaan dan monitoring Risk Based Audit pada pemeriksaan BPK. Kerangka penelitian menggunaan Agency Theory yang menekankan adanya hubungan antara manajemen dengan pihak yang mempunyai sumber daya. Hal ini menyebabkan adanya asimetri informasi dan timbulnya konflik kepentingan. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa tidak terdapat manipulasi atau kecurangan, dibutuhkan pihak ketiga yang independen untuk melakukan pemeriksaan, dalam hal ini dilakukan oleh auditor. Penelitian menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dalam hal ini studi kasus dilakukan di BPK. Dengan pendekatan studi kasus, diharapkan mampu menggali lebih dalam terkait penerapan dan pelaksanaan Risk Based Audit di BPK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data berupa dokumen pemeriksaan, dan wawancara dengan Tim Pemeriksa BPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim Pemeriksa BPK dalam menerapkan, melaksanakan dan melakukan monitoring Risk Based Audit telah sesuai dengan panduan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh BPK.

Risk Based Audit is an audit method which in its implementation uses a risk approach. By using the Risk Based Audit method, it is hoped that the audit can be carried out effectively and efficiently, but with maximum audit result. This study aims to analyze the application of Risk Based Audit to audits conducted by Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Furthermore, this study will analyze the preparation of an Audit Program in accordance with the previously determined Risk Based Audit. Then this research will also discuss about the implementation and monitoring of Risk Based Audit on BPK. The research framework uses Agency Theory which emphasizes the relationship between agent and principal. This relationship causes asymmetry information and conflict of interest. Therefore, to ensure that there is no manipulation or fraud, an independent third party is required to conduct an audit, in this case the auditor. The study used a qualitative research methodology with a case study approach, in this research, case study was conducted at the BPK. With the case study approach, it is hoped that it will be able to dig deeper regarding the implementation of Risk Based Audit at BPK. The research was conducted using data from audit documents and interviews with the auditors. The result showed that auditors in implementing and monitoring Risk Based Audit was in accordance with the guidelines set by the BPK.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nur Meilani Tri Nugraheni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 91 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia.
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-80350343 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514263
Cover