Keluarga yang berasal dari status sosial ekonomi menengah ke bawah cenderung kurang
memiliki pemahaman pengasuhan yang positif sehingga berisiko menghambat pencapaian
perkembangan anak, khususnya pada periode kritis usia anak 3-5 tahun. Diperlukan
intervensi untuk meningkatkan pemahaman pengasuhan positif, salah satunya dengan
psikoedukasi. Studi ini bertujuan untuk melihat efektivitas psikoedukasi sebagai metode
intervensi dalam meningkatkan pemahaman pengasuhan positif. Desain penelitian yang
digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 14 orang ibu
berlatar belakang sosial ekonomi menengah ke bawah. Psikoedukasi dilakukan selama tiga
sesi secara daring. Pengukuran pemahaman mengenai pengasuhan positif dilakukan
sebanyak tiga kali, yakni sebelum psikoedukasi, segera setelah psikoedukasi selesai dan 10
hari setelah intervensi. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan
adanya perbedaan skor yang signifikan antara sebelum dan sesudah psikoedukasi diberikan
(p < 0,05). Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenai
pengasuhan positif yang dimiliki oleh ibu setelah mengikuti psikoedukasi. Sementara itu,
terdapat penurunan pemahaman ibu setelah 10 hari dilakukan intervensi. Penelitian ini
terbatas hanya pada ranah kognitif saja, disarankan agar dapat ditingkatkan ke ranah afektif
hingga psikomotor.
Families in middle-to-low socioeconomic status tend to have less comprehension aboutpositive parenting, which may hinder child optimal development, especially in criticalage i.e. 3 to 5 year old. Psychoeducation is one of interventions which is needed toimprove comprehension of positive parenting to children. This study aims to find theeffectiveness of psychoeducation in improving comprehension of positive parenting. Thisstudy design is one group pretest-posttest design. Subjects of this study are 14 motherswith middle-to-low socioeconomic status background. The psychoeducation was held forthree sessions through video conference. The data were collected 3 times, before theintervention, immediately after the intervention, and 2 weeks after the intervention. Dataanalysis using Wilcoxon Signed-Rank Test shows significant score difference betweenbefore and after psychoeducation was provided (p < 0,05). This indicates increasing scoreof positive parenting related understanding in mothers after attending thepsychoeducation. However, there was derivation score of mothers' comprehension in 10days after the intervention. This study limited to cognitive area, next can be elevated intoaffective or psychomotor area.