UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Implikatur dan kesantunan pelanggan online shop di indonesia dan Belanda dalam ulasan produk rak susun = Implicature and politeness of online shop customers in Indonesia and Netherlands in reviews of stacking rack products

Pandu Hario Wiseno; Triaswarin Sutanarihesti, supervisor; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, examiner; Munif Yusuf, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Online Shop merupakan sebuah sarana yang digemari pada saat ini. Kehadiran sarana tersebut merupakan sebuah wadah bagi para pembeli dan penjual untuk saling bertransaksi berbasis Online. Indonesia dan Belanda juga mempunyai sarana Online Shop masing-masing. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya minat dalam penggunaan sarana tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan jenis-jenis implikatur dan kesantunan berbahasa yang dituturkan pelanggan Indonesia dan Belanda dalam memberikan ulasan di Online Shop. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah ulasan dari produk rak susun. Data ulasan diambil melalui Shopee, Tokopedia dari Indonesia, dan www.bol.com www.gamma.nl dari Belanda. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah analisis-deskriptif serta menggunakan teori implikatur, tindak tutur, dan kesantunan berbahasa menurut Leech (1983). Ulasan-ulasan tersebut dianalisis berdasarkan rating, mulai dari bintang lima sampai satu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ulasan yang diberikan dari pelanggan Indonesia dan Belanda mengandung implikatur konvensional bersifat asertif, direktif, dan ekspresif. Pematuhan maksimnya adalah simpati, penghargaan, dan kebijaksanaan, serta pelanggaran maksim penghargaan dan kebijaksanaan.

Online Shop is a popular facility at this time. The presence of this facility is a forum for buyers and sellers to transact online based on each other. Indonesia and Netherlands also have their own online Shop facilities. This is caused by the increasing of interest in using these facilities. The purpose in this paper is to describe the types of implicature and politeness of Indonesian and Dutch language in giving reviews on the online shop. The data used in this paper are reviews of stacking rack products. The reviews took through Shopee, Tokopedia from Indonesia and www.bol.com www.gamma.nl from the Netherlands. The method used in this paper is descriptive-analysis and uses the theory of implicature, speech acts, and language politeness according to Leech (1983). The reviews are analyzed based on the rating, starting from five stars to one star. The conclusion of this paper is the reviews who given by customers from Indonesia and the Nethelands, contains conventional implicature are assertives, directives, and expressives. The obediences of maxim are sympathy, approbation, and tact, and the violations of maxim are approbation and tact.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Pandu Hario Wiseno.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda.
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 23 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-00725340 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514502
Cover