UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Membuat laporan keuangan menggunakan aplikasi dan perbaikan Company Profile untuk melakukan promosi B2B pada UMKM De’monte Shoes = Making financial reporting using application and improving Company Profile for B2B promotion on De’monte Shoes MSME

Baskoro Ismail Mumpuni Arti; Hasnul Suhaimi, supervisor; Lubis, Arief Wibisono, examiner; Rambat Lupiyoadi, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Thesis ini bertujuan membantu salah satu UMKM sepatu kulit di Indonesia yaitu UMKM De’monte shoes dengan membuat laporan keuangan untuk menganalisis performa UMKM dan membuat company profile untuk melakukan promosi B2B. Dengan metode riset studi kasus kualitatif dan business coaching digunakan untuk menemukan kondisi aktual dan gap yang ada dan kemudian diambil implementasi yang disetujui oleh UMKM untuk menyelesaikan gap pada usaha. Setelah dilakukan analisis internal dan eksternal seperti Proses Bisnis, BMC, PESTEL, Porter’s Five Forces, STP, 7Ps, dan Analisis Laporan keuangan ternyata ditemukan beberapa masalah yang perlu diselesaikan terutama di masalah laporan keuangan yang berantakan dan company profile yang tidak bisa menjadi alat promosi karena tidak terlihat menarik. Analisis Pareto dan gap menemukan masalah tersebut merupakan masalah yang paling penting dan mudah untuk diselesaikan. Oleh karena itu, mengurangi gap pada UMKM melalui implementasi pembuatan laporan keuangan untuk menganalisa performa UMKM dan pembuatan company profile untuk promosi B2B dilakukan. Hasilnya terdapat laporan keuangan dan panduan membuat laporan keuangan menggunakan aplikasi Si Apik untuk dipakai UMKM dan company profile baru untuk dipakai dalam melakukan promosi B2B.

This paper aims to help one of the leather shoe MSMEs in Indonesia, De’monte Shoes by making financial reports to analyse the performance of MSMEs and create a company profile for B2B promotion. Qualitative case study research and business coaching methods are used to find actual conditions and gaps that exist, and then take the implementation approved by MSMEs to resolve gaps in MSMEs. After conducting internal and external analysis such as Business Process, BMC, PESTLE, Porter's Five Forces, STP, 7Ps, and Financial Statement Analysis, it turns out that there are several problems that need to be resolved, especially in the problem of disorganized financial report and disorganized company profiles that cannot be used as a promotional tool since it was not looking good. Pareto and gap analysis find the most important and easy problems to resolved. Therefore, reducing the gap in MSMEs through making financial reports to analyse the performance of MSMEs and creating company profiles for B2B promotion are conducted. The results are financial report and guidance of financial reports using Si Apik for MSME and new company profile to use for B2B promotion.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Baskoro Ismail Mumpuni Arti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 69 pages : illustrations ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-49419108 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514587
Cover