UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dampak Partisipasi Sosial pada Keputusan Migrasi Penduduk di Kawasan Bencana = Impact of Social Participation on Migration Decisions of People in Disaster Areas

Ibrohim Abdul Halim; M. Hanri, supervisor; Dwini Handayani, examiner; I Dewa Gede Karma Wisana, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Bencana alam telah menimbulkan kerugian yang masif di Indonesia, dan salah satu strategi bertahan hidup standar yang dijalankan oleh masyarakat di kawasan bencana adalah dengan melakukan migrasi. Penelitian ini ingin melihat dampak dari modal sosial, yang diukur menggunakan tingkat partisipasi dalam kegiatan masyarakat, terhadap keputusan migrasi warga di kawasan rawan bencana. Menggunakan data IFLS 5 dan DesInventar, penelitian ini menemukan bahwa partisipasi individu signifikan mengurangi intensitas migrasi. Implikasi kebijakan dari penelitian ini adalah pengambil kebijakan harus memanfaatkan dan meningkatkan modal sosial yang telah ada dalam masyarakat untuk mengurangi dampak buruk dari bencana, alih-alih mendorong migrasi.

Natural disasters have caused massive losses in Indonesia, and one of the standard survival strategies implemented by people in disaster areas is to migrate. This study aims to look at the impact of social capital, as measured using participation rates in community activities, on citizens' migration decisions in disaster-prone areas. Using IFLS 5 and DesInventar data, this study found that individual participation significantly reduced migration intensity. The policy implication of this study is that policymakers should leverage and increase existing social capital in society to mitigate the adverse effects of disasters, rather than encourage migration.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ibrohim Abdul Halim .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 38 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-25282039 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20514707
Cover