UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Teori - teori hubungan internasional Cina = Chinese international relations theories

Mutaaririn Nurul Hidayah; Shofwan Al Banna Choiruzzad, supervisor; Ardhitya Eduard Yeremia, examiner; Yandry Kurniawan, examiner; Rakhmat Syarip, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kesadaran dan ketidakpuasan atas dominasi pemikiran Barat dalam Ilmu Hubungan Internasional (HI) memicu perumusan kerangka-kerangka berpikir baru non-Barat. Salah satu kerangka teori non-Barat yang banyak diperhatikan adalah teori-teori HI Cina. Diskusi intelektual yang awalnya hanya berpusar di antara para akademisi Cina dan hanya terbatas pada literatur berbahasa Cina mulai terbuka bagi dunia luar. Kajian literatur ini meninjau tiga puluh tujuh literatur berbahasa inggris yang terakreditasi internasional untuk menganalisis perkembangan literatur teori- teori HI Cina. Literatur tersebut akan dikaji berdasarkan metode taksonomi ke dalam tiga tema bahasan yaitu (1) perkembangan ilmu HI di Cina, (2) Konstruksi teori-teori HI Cina, dan (3) penggunaan pemikiran, sejarah dan tradisi Cina kuno dalam teori-teori HI Cina. Tinjauan pustaka ini berusaha untuk menemukan konsensus, perdebatan, dan kesenjangan dalam bahasan tersebut. Tinjauan pustaka ini menunjukkan adanya pergeseran tren persebaran tema literatur kajian teori-teori HI Cina, dari literatur yang membahas teori- teori HI Cina melalui pendekatan historis ke literatur yang membahas penggunaan pemikiran kuno Cina sebagai sumber teoritis dalam berbagai teori HI Cina. Berdasarkan berbagai literatur yang sudah dikaji, kajian literatur ini berpendapat bahwa bahasan terkait teori-teori HI Cina cenderung reaktif terhadap kebijakan pemerintah Cina dan dinamisme posisi Cina dalam dunia internasional.

The awareness and dissatisfaction with the domination of Western thoughts in International Relations (IR) led to the formulation of non-Western frameworks of thoughts. One non-Western theoretical framework that has attracted much attention is Chinese Schools of IR theory. The intellectual discussion about Chinese Schools of IR theory that initially swirled among Chinese academics and was only limited to Chinese literature began to open up to the world. This literature review reviewed thirty seven internationally accredited English literature to analyze the development of Chinese Schools of IR theory. This literature review is divided into three themes based on the taxonomic method, namely (1) the development of IR studies in China, (2) the construction of Chinese IR Theories, and (3) integration of Ancient Chinese thoughts, history, and tradition in Chinese Schools of IR Theory. This literature review seeks to find consensus, debate, and gaps in the discussion of Chinese Schools of IR Theory. This literature review shows that the literature theme trend has shifted, from literature that used historical approach to literature that integrate ancient Chinese philosophy as a theretical source of Chinese Schools of IR Theory. Based on the literatures that has been reviewed, this literature review argues that the discussion of Chinese Schools of IR Theory tends to be reactive to Chinese governement policies and the dynamics of Chinese position in the international level

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Mutaaririn Nurul Hidayah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi: UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 64 pages : illustration + appendix
Catatan Bibliografi : pages 60-64
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-29696773 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20515278