UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pengobatan pasien dengan hypertensive heart disease = Analysis of factors related to medication adherence of patients with hypertensive heart disease.

Rahmansyah Rabikun; Elly Nurachmah, supervisor; Debie Dahlia, supervisor; Muhamad Adam, examiner; Erwin, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penyakit kardiovaskuler masih menempati urutan pertama masalah kesehatan di seluruh dunia. Salah satu jenis penyakit kardiovaskuler yang paling banyak terjadi adalah Hypertensive Heart Disease (HHD). HHD dapat berkembang menjadi Congestive Heart Failure (CHF) jika tidak patuh terhadap pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pengobatan pasien dengan HHD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 80 responden yang menjalani pengobatan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Poso yang ditetapkan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, kepercayaan pada pengobatan, motivasi, dukungan keluarga, dursi pengobatan dan kepatuhan pengobatan pasien dengan HHD. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara usia, jenis kelamin, penghasilan dan kepatuhan pengobatan pasien dengan HHD. Berdasarkan analisis multivariat, faktor yang paling berhubungan dengan kepatuhan pengobatan pasien dengan HHD adalah kepercayaan pada pengobatan dengan nilai OR = 3,573.

Cardiovascular Diseases is still the number one of health problem in the world. One type of cardiovascular diseases which mostly occurs is Hypertensive Heart Disease (HHD). HHD can evolve in to Congestive Heart Failure (CHF) if the tereatment is violated. . This research was aims at identifying factors related to the medication adherence of HHD patients. The research method used was an analytic study with cross sectional approach involving 80 respondents who underwent treatment in the Poso General Hospital which were determined by purposive sampling . The results of this research showed that there was significant relationship between knowledge, belief in treatment, motivation, family support, duration of treatment and medication adherence of HHD patients. There was no significant relationship between age, gender, income and medication adherence of HHD patients. Based on multivariate analysis , the factor most related to medication adherence of patients with HHD was medication belief with an OR value = 3.573.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Rahmansyah Rabikun.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 76 pages : illustration + appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia.
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-62762127 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20515498
Cover