UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Strategi coping ibu bekerja berprofesi guru pendamping khusus (GPK) bagi anak berkebutuhan khusus (Studi Deskriptif di Sekolah X) = Coping strategies of working mothers as shadow teacher (GPK) for childern with special Needs (Descriptive Study in Sekolah X)

Trisya Fahriannisa; Indra Lestari Fawzi, supervisor; Dwi Amalia Chandra Sekar, examiner; Ety Rahayu, examiner; Dini Widinarsih, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Bekerja merupakan suatu kegiatan yang dapat membantu individu baik dari ekonomi maupun sosial. Dengan bekerja, individu dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti makanan, minuman, serta tempat tinggal. Dewasa ini perempuan bekerja menjadi hal yang lumrah, namun disamping itu, perempuan terkenal dengan peran gandanya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran permasalahan yang dihadapi serta strategi coping yang dilakukan oleh seorang ibu bekerja dengan peran gandanya, khususnya kepada ibu bekerja yang berprofesi sebagai guru pendamping khusus (GPK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan ibu bekerja dengan profesi GPK di Sekolah X memiliki permasalahan terkait dengan pekerjannya dan peran gandanya, yaitu dalam penelitian ini GPK mengalami time based conflict dan strain based conflict. Dalam menghadapi hal ini, GPK melakukan upaya strategi coping. Strategi coping yang dilakukan oleh GPK adalah koping berfokus pada masalah dan koping berfokus pada emosi, serta active coping strategies. Strategi coping ini dapat membantu GPK mengurangi permasalahan yang dihadapinya.

Working is an activity that can helps individuals economic and social needs. By working, can fulfill basic human needs such as food, drink, and housing. Nowadays, working women are so common, however they are also famous for their dual roles. This thesis aims to finds out and describe the problems and coping strategies undertaken by a working mom with her dual roles, especially to working mother who work as Shadow Teacher (abbreviated in Indonesian languange as GPK). This study used the qualitative approach. The data collection techniques used are in-depth interviews and literature studies. The research results show that working mother who work as Shadow Teachers in School X have a problems related to their work and their dual roles, they have a time-based conflict and strain-based conflict. Coping strategy that being used by they are is problem-focused coping and emotional-focused coping, and active coping strategies.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Trisya Fahriannisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : Lib ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii,89 pages : illustration
Naskah Ringkas : 2021
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-22657491 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516549
Cover