UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Fatigue pada Pekerja Wanita di PT. X tahun 2021 = Analysis of Factors Associated with Fatigue in Working Woman at PT. X year 2021

Adhelina Zulfiana, autho; Doni Hikmat Ramdhan, supervisor; Laksita Ri Hastiti, examiner; Auliah Rahmi, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Industri manufaktur merupakan salah satu sektor industri yang pekerjanya berisiko mengalami fatigue. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan fatigue pada pekerja wanita di PT. X. Penelitian dilakukan pada bulan Juni – Juli 2021 dengan melibatkan 5 orang responden yang terdiri dari pekerja wanita di PT. X yaitu 2 orang pekerja di bagian manajemen dan 3 orang pekerja di bagian produksi di PT. X. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain studi deskriptif kualitatif dengan pengambilan data berupa data primer yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan data sekunder yang didapatkan dari PT. X. Faktor risiko fatigue yang diteliti terdiri dari faktor risiko terkait kerja dan faktor risiko tidak terkait kerja. Faktor risiko terkait kerja terdiri dari shift kerja, waktu istirahat, jam kerja lembur, commuting time, beban kerja, jenis pekerjaan, pekerjaan sampingan, dan stress kerja. Faktor risiko tidak terkait kerja terdiri dari usia, status kesehatan, kualitas dan kuantitas tidur, status kehamilan dan menyusui, peran dan tanggung jawab dalam keluarga, stress dan konflik peran ganda, kebiasaan konsumsi alkohol dan kafein. Hasil penelitian menunjukkan seluruh responden mengalami kelelahan dengan keluhan kelelahan fisik dan emosional atau mental. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengendalian lebih lanjut dalam mencegah dan menangani masalah fatigue di PT. X.

The manufacturing industry is one of the industrial sectors whose workers are at risk of experiencing fatigue. The purpose of this study was to identify and analyze the factors associated with fatigue in female workers at PT. X. The research was conducted in June – July 2021 involving 5 respondents consisting of women workers at PT. X, namely 2 workers in the management section and 3 workers in the production section at PT. X. The research design used in this study is a qualitative descriptive study design with data collection in the form of primary data conducted by in-depth interviews and secondary data obtained from PT. X. The fatigue risk factors studied consisted of work-related risk factors and non-work-related risk factors. Work-related risk factors consist of work shifts, rest periods, overtime hours, commuting time, workload, type of work, side work, and work stress. Non-work related risk factors consist of age, health status, sleep quality and quantity, pregnancy and lactation status, roles and responsibilities in the family, stress and dual role conflict, alcohol and caffeine consumption habits. The results showed that all respondents experienced fatigue in physical and mental fatigue. Therefore, it is necessary to carry out further control in preventing and dealing with fatigue problems at PT. X.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Adhelina Zulfiana .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 88 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-13991641 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20516730
Cover