UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kenaikan harga versus pengurangan refund terhadap persepsi keadilan konsumen: menguji teori dual entitlement di Indonesia = The effect of price increase versus refund reduction on consumers’ fairness perception: testing the dual entitlement’s theory in Indonesia

Bernadette Olivia Cahya Chandra; Harry Susianto, supervisor; Silalahi, Corina Debora, supervisor; Bertina Sjabadhyni, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pemberhentian operasional maskapai akibat COVID-19 menyebabkan munculnya biaya tambahan
sehingga maskapai kesulitan menanggapi permohonan refund. Penelitian pada skripsi ini
dilakukan untuk menguji apakah menaikkan harga dan mengurangi refund dapat dianggap adil
sebagai upaya melindungi laba. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk melihat pengaruh
cara menginformasikan kenaikan harga dan mengurangi refund menggunakan rupiah
dibandingkan dengan persentase terhadap persepsi keadilan. Akhirnya penelitian ini juga
dilakukan untuk melihat pengaruh persepsi keadilan pada intensi membeli kembali. Eksperimen
menggunakan empat versi vignette dilakukan pada 83 mahasiswa S1 Universitas Indonesia yang
pernah membeli tiket pesawat dalam negeri sejak tahun 2019. Uji hipotesis yang dilakukan
menunjukkan bahwa menaikkan harga dan mengurangi refund dianggap adil sebagai upaya
melindungi laba. Kemudian, pada transaksi tidak adil, frekuensi intensi membeli kembali lebih
rendah. Tetapi, penggunaan rupiah dan persentase tidak berpengaruh pada persepsi keadilan.

The restriction for airlines to operate because of COVID-19 has caused an increase in operational
costs, causing them a hard time to fulfill refund requests. This research aims to know whether
increasing prices and reducing refunds are considered fair as a way of protecting profit. Moreover,
this research also aims to overview the effect of informing price increase and reducing refund
using nominal versus percentage on fairness perception. Lastly, this research also aims to see the
effect of fairness perception on repurchase intention. Experiments using four versions of vignettes
were carried out on 83 bachelor students from Universitas Indonesia who had purchased a local
flight ticket since 2019. Hypotheses testing with Chi-square: Test for Goodness of Fit shows that
increasing price and reducing refunds are both perceived as fair to protect profit. Then, on
transactions that were considered unfair, the frequency of repurchase intention is lower. But the
findings show that there is no effect of using nominal or percentage on fairness perception.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Bernadette Olivia Cahya Chandra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : lib ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xi,48 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas : 2021
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 136-22-00740520 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517226
Cover