UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Reformasi pendidikan di Qatar : peran pemerintah dan dampaknya = Educational reform in Qatar : the role of government and its impact

Azizah Humaira; Yon Machmudi, supervisor; Apipudin, examiner; Juhdi Syarif, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini mengungkapkan peran pemerintah Qatar dalam reformasi pendidikan di Qatar dan juga dampak dari reformasi pendidikan. Negara Qatar tercatat sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di kawasan Timur Tengah. Penelitian ini membahas regulasi dan administrasi pendidikan di Qatar, peningkatan kualitas pendidikan di Qatar, dan dampak reformasi pendidikan di Qatar. Dengan menggunakan metode studi pustaka dan teori Peran Pemerintah oleh Gede Diva (2009) diharapkan dapat menjelaskan peran pemerintah serta dampaknya dalam reformasi pendidikan di Qatar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam reformasi pendidikan adalah penetapan regulasi dan administrasi pendidikan di Qatar, penerapan Education for New Era (EFNE) sebagai strategi reformasi, penerapan sistem sekolah Independent school, penyediaan akses dan perlengkapan pendidikan, penyediaan pelatihan profesional guru, dan penerapan English as Medium of Instruction (EMI). Adapun dampak dari reformasi pendidikan adalah peningkatan nilai dalam ujian Internasional PISA, guru mengalami banyak kamajuan dalam hal pengajaran dan kinerja, adanya standar kurikulum yang disesuaikan dengan tujuan reformasi pendidikan, fasilitas sekolah-sekolah di Qatar menjadi perhatian Pemerintah dengan dilakukannya perbaikan gedung sekolah, adanya fasilitas seperti laboratorim sains dan juga komputer yang dilengkapi dengan akses internet.

This research reveals the Qatari government's role in education reform in Qatar and the impact of education reform. Qatar is listed as one of the countries with the best education system in the Middle East region. By using literature study and the role of government’s theory by Gede Diva's (2009) is expected to explain the role of government and impact education reform in Qatar. The results show that the role of the government in education reform is the establishment of education regulations and administration in Qatar, the application of the Education for New Era (EFNE) as a reform strategy, the implementation of the Independent school system, the provision of access and educational equipment, the provision of professional teacher training, and the application of English as Medium of Instruction (EMI). The impact of educational reform is the increase of PISA International exams' scores, teacher's progress in terms of teaching and performance. There are also curriculum standards that are adjusted to educational reform goals; school facilities in Qatar are the government's attention by repairing school buildings, the existence of facilities such as a science laboratory, and a computer equipped with internet access.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Azizah Humaira.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 19 pages ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-03545741 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517329
Cover