Sejak COVID-19 menimpa Indonesia, pemerintah mengimbau seluruh siswa untuk
melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu sebuah kondisi dimana pengajar
dan peserta didik tidak berada di tempat yang sama. Perubahan sistem pembelajaran ini tentunya mempengaruhi berbagai kondisi peserta didik, termasuk bagaimana ia mempersepsikan pengalaman belajar yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kesiapan belajar online dapat memprediksi persepsi mahasiswa terhadap belajar. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa yang melaksanakan PJJ selama masa pandemi (N=540). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan belajar online mempengaruhi persepsi terhadap belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi akademik. Regulasi diri dan sikap terhadap e-learning yang dimiliki mahasiswa memperkuat kaitan antara
motivasi akademik dan persepsi terhadap belajar yang dimiliki. Namun, hubungan
tidak langsung antara kesiapan belajar online dan persepsi terhadap belajar tidakbergantung pada regulasi diri dan sikap terhadap e-learning yang dimiliki. Hal ini menandakan bahwa siswa yang sudah siap untuk menjalani PJJ serta memiliki motivasi yang tinggi, dapat mempersepsikan pengalaman belajarnya dengan baik.
Since COVID-19 reached Indonesia, the government notify all students to conductdistance learning: a condition in which lecturers and students are not in the sameplace. The change over this learning system certainly affects students’psychological conditions, including how they perceive their learning experiences.This study investigated whether online learning readiness can predict perceivedlearning. Participants in this study were undergraduate students who undergodistance learning during pandemic (N = 540). The results showed that onlinelearning readiness predicts perceived learning both directly and indirectly throughacademic motivation. However, self-regulated learning and attitudes toward elearningcould strengthen the link between academic motivation and perceivedlearning. The indirect relationship between online learning readiness and perceivedlearning was not conditional on the students’ self-regulated learning and attitudestoward e-learning. This indicates that students who are ready for online learningand highly motivated are more likely to perceive their learning better.