UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Terhadap Work-Life Balance Pekerja Industri Kreatif Sub-Sektor Periklanan di Jakarta (Studi pada Karyawan Dentsu Indonesia) = Analysis of Creative Industry Workers' Work-Life Balance in the Advertising Sub-Sector in Jakarta (Study on Dentsu Indonesia Employees)

Aril Kurniawan; Indra Lestari, supervisor; Arif Wibowo, examiner; Ety Rahayu, examiner; Dini Widinarsih, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai kondisi work-life balance, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kondisi work-life balance, dan dampak dari kondisi work-life balance tersebut terhadap kehidupan pekerja kreatif di Dentsu Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia, yaitu Maret 2020 – Juli 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan wawancara secara daring dengan lima orang informan yang bekerja pada bidang kreatif di Dentsu Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan triangulasi untuk meningkatkan kualitas penelitian. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi work-life balance pekerja di Dentsu Indonesia beserta dengan faktor yang berpengaruh dan dampaknya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi work-life balance pekerja kreatif di Dentsu Indonesia sudah baik. Hal tersebut dikarenakan pekerja Dentsu Indonesia telah mampu mengharmoniskan kehidupan pekerjaan dan kehidupan pekerjaannya yang didukung oleh faktor-faktor yang berasal dari tempat kerja, luar kerja, dan individu. Dari kondisi tersebut, para pekerja merasakan dampak positif terhadap kehidupan kerja dan kehidupan luar kerjanya.

This study discusses the conditions of work-life balance, the factors that influence the conditions of work-life balance, and the impact of these work-life balance conditions on the lives of creative workers in Dentsu Indonesia. This research was conducted during the COVID-19 pandemic in Indonesia, March 2020 – July 2021. Data was collected by studying literature and online interviews with five informants who work in the creative field at Dentsu Indonesia. This research is a qualitative-descriptive research with triangulation to improve the quality of research. The study aims to describe the condition of the work-life balance of workers in Dentsu Indonesia along with the influencing factors and their impacts. The results of this study conclude that the work-life balance of creative workers in Dentsu Indonesia is good. This is because Indonesian Dentsu workers have been able to harmonize their work life and work life which is supported by factors originating from the workplace, outside of work, and individuals. From these conditions, the workers feel a positive impact on their work life and life outside of work.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Aril Kurniawan .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 74 pages : illustation ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-48507955 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517882
Cover