UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rekayasa Ulang Proses Bisnis Pada Proses Penerimaan Bahan Baku Di Perusahaan Pengolahan Kertas = Business Process Reengineering in the Process of Receiving Raw Materials in Paper Processing Companies

Muhammad Fauzan; Novandra Rhezza Pratama, supervisor; M. Dachyar, supervisor; Rahmat Nurcahyo, examiner; Farizal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Tidak efektifnya proses penerimaan bahan baku menimbulkan efek domino terhadap keberlangsungan kertas memproses proses bisnis perusahaan. Mereka menghasilkan biaya rawat inap baru untuk penundaan kontainer, sewa ruang parkir untuk peti kemas, personel tambahan, antrian, dan simpanan stok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses saat ini menggunakan Business Process Reengineering, yang digunakan untuk menganalisis proses saat ini (As-Is). Ini proses dibuat menggunakan Pemodelan dan Notasi Proses Bisnis standar iGrafx. Pemetaan ini bertujuan untuk menentukan proses mana yang menunjukkan tidak efektifnya proses penerimaan bahan baku untuk perbaikan. Dari pemetaan ini, penulis meningkatkan proses penerimaan manual dan penerapan IoT, dalam hal ini menggunakan RF-ID yang dipilih menggunakan metode AHP. Penelitian dan perbaikan ini mengacu pada metode praktik terbaik dari Rekayasa Ulang Proses Bisnis. Oleh karena itu, penelitian ini membantu memperjelas konsep proses bisnis rekayasa ulang di perusahaan pengolahan kertas.

The ineffectiveness of the raw material receipt process creates a domino effect on the sustainability of the paper processing company's business processes. They result in new hospitalization costs for container delays, rental of parking spaces for containers, additional personnel, queues, and stock backlogs. This study aims to analyze the current process using Business process reengineering, which is used to analyze the current process (As-Is). This process was created using the iGrafx standard Business Process Modeling and Notation. This mapping aims to determine which processes indicate the ineffectiveness of the process of receiving raw materials for improvement. From this mapping, the authors improve the manual acceptance process and the application of IoT, in this case using the selected RF-ID using the AHP method. This research and improvement refer to the best practice method of Business Process Re-engineering. Therefore, this research helps to clarify the concept of business process reengineering in paper processing companies.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Muhammad Fauzan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 73 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-82488161 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20518310
Cover