Profil Usaha House of Juice adalah UMKM yang didirikan pada tanggal 20 Mei 2020 dengan produk jus buah alami dengan pemanis madu. House of Juice berlokasi di daerah Srengseng, Jakarta Barat. House of Juice menggunakan metode pemesanan terlebih dahulu (pre-order) melalui akun Instagram @_houseofjuice
Analisis Situasi
Strength Produk jus buah dengan pemanis alami berupa madu
Menggunakan buah berkualitas dengan tingkat kematangan yang baik, rasa manis alami, dan berasal dari distributor terpercaya
Menggunakan media sosial Instagram sebagai platform utama untuk menjalankan usahaBisnis dengan metode pre-order memiliki peluang kerugian yang kecil (lowrisk) Weakness) Belum tersedia di layanan e-commerce (Gojek, Grab, Tokopedia) Belum memiliki strategi kehumasan yang jelas dan direncanakan dengan matang Pemasaran produk berhenti sejak bulan November 2020
Belum rutin mengunggah konten di sosial media Instagram, rata-rata hanya 2 konten setiap minggu. Opportunity
Banyak masyarakat yang mencari produk kesehatan untuk memenuhi kebutuhan vitamin di masa pandemi Banyak kompetitor jus yang lebih memilih menggunakan pemanis jus dari gula dan susu kental manis Perkembangan media sosial Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk
Threat
Kompetitor bisnis serupa yang sangat banyak
Nama brand House of Juice sudah pernah ada yang menggunakan
Pernyataan Masalah House of Juice belum memiliki strategi kehumasan yang direncanakan dengan matang untuk mengkomunikasikan pesan tentang produk jus buah sehat yang dimilikinya. Hal ini didukung dengan keberadaan pandemi Covid-19 yang telah menghadirkan permasalahan baru yang mengganggu kesehatan, khususnya bagi kalangan remaja. Sehingga House of Juice dapat membuat strategi kehumasan berupa program kesadaran kesehatan yang bertujuan untuk membangun citra brand House of Juice sebagai brand yang peduli dengan kesehatan remaja generasi Z.
Usulan Program
Program bernama It’s Healthy Juice for You dengan pesan kunci #MulaiDariSekarang. Rangkaian program ini terdiri dari:
Aktivasi media sosial Instagram
Kolaborasi komunitas bersama komunitas sepak bola Lapan Rasa FC dan komunitas lari Running Rage
Kolaborasi content creator untuk menggerakan 7 Days Healthy Challenge
Special event Juice Day at School
Tujuan
Membangun citra brand House of Juice yang peduli dengan kesadaran kesehatan generasi Z
Target Khalayak
Demografis
Jenis Kelamin: Laki-laki dan Perempuan
Usia: 15-24 tahun
Pekerjaan: Pelajar dan mahasiswa
SES: B
Geografis
Domisili: Jakarta Barat
Wilayah khusus: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behaviour
Aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi
Suka mengikuti akun influencer di Instagram
Suka mencari informasi mengenai komunitas olahraga di Instagram
Memiliki ketertarikan untuk mengonsumsi produk berbahan dasar buah
Psikografis
Suka bersenang-senang
Menggunakan media sosial untuk mencari rekomendasi makanan dan minuman sehat
Suka memesan makanan dan minuman dari aplikasi online
Suka mencari tahu tren yang populer di Instagram
Jadwal
Juni - Oktober 2022
Anggaran
Rp16.154.000
Monitoring & Evaluasi
Input: Monitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan
Output: Monitoring & Evaluasi terhadap Indikator Keberhasilan tiap kegiatan
Outcome: Monitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program terhadap kesadaran kesehatan generasi Z dan citra brand
Company ProfileHouse of Juice is an MSME founded on May 20, 2020 with natural fruit juice products with honey sweetener. House of Juice is located in Srengseng area, West Jakarta. House of Juice uses pre-order method via Instagram account @_houseofjuice.Situation AnalysisStrengthFruit juice products with honey natural sweetenersUsing good quality ripe fruit with natural sweet taste, and comes from a trusted distributorUsing Instagram as the main platform to run the businessBusinesses with the pre-order method have a small chance of loss (low risk)WeaknessNot available on e-commerce services (Gojek, Grab, Tokopedia)Does not have a clear and well-planned communication strategyBusiness activities have stopped operating since November 2020Not routinely uploading content on social media, only two times a weekOpportunityMany people are looking for health product to meet their vitamin needs during the pandemicMany brands juice competitor prefer to use sweetened from sugar and condensed milkThe use of social media that can be used for product marketingThreatA lot of similar business competitorsHouse of Juice brand name had been used before by othersProblem IdentificationHouse of Juice does not have a well-planned public relations strategy to communicate its message about its healthy fruit juice products to customers. This is supported by the Covid-19 pandemic which has presented new problems that interfere with health, especially for teenagers. With that opportunity, House of Juice can create a public relations strategy in the form of a health awareness program that aims to build the House of Juice brand image as a brand that cares about the health of generation Z teenagers.ProgramsThe program called It's Healthy Juice for You with the key message #StartFromNow. This series of programs consists of:Instagram social media activationCommunity collaboration (Lapan Rasa FC & Running Rage)Content creator collaboration (7 Days Healthy Challenge)Special event “Juice Day at School”GoalsBuilding a House of Juice brand image that cares about the health awareness of generation Z.Target AudienceDemographicGender: Male and FemaleAge: 15-24 years oldOccupation: StudentSES: BGeographicalArea: West JakartaFocus area: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.BehaviorActively use social media to find informationLikes to follow influencer accounts on InstagramLikes to find information about the sports community on InstagramHave an interest in consuming fruit-based productsPsychographicLikes to having funUsing social media to find healthy food and drink recommendationsLikes to order food and drinks from online applicationsLoves to find out what trends are popular on InstagramScheduleJune - October 2022BudgetRp. 16.154.000,-Monitoring & EvaluationInput: Monitoring & Evaluation of the planning and implementation of each activityOutput: Monitoring & Evaluation of the KPI of each activityOutcome: Monitoring & Evaluation of the results and impact of the program on Generation Z's health awareness and brand image