UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Hambatan dan Strategi untuk Meningkatkan Sistem Pengelolaan Limbah Konstruksi dan Demolisi di Indonesia dengan Pendekatan Ekonomi Sirkular = Analysis of Barrier and Strategy for Improving Construction and Demolition Waste Management System in Indonesia with Circular Economy Approach

Luthfiah Aulia Ali; Fadhilah Muslim, supervisor; Rossy Armyn Machfudiyanto, examiner; Setyo Supriadi, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Laju pertumbuhan penduduk di dunia dan di Indonesia mengalami kenaikan yang begitu pesat. Hal itu berdampak pada banyaknya limbah konstruksi dan demolisi yang dihasilkan. Dampak tersebut dapat diatasi dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular. Namun pada penerapannya, masih terdapat hambatan – hambatan yang harus segera diatasi. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengelolaan limbah konstruksi dan demolisi di Indonesia dengan pendekatan ekonomi sirkular berdasarkan kondisi eksisting, serta untuk mengidentifikasi hambatan dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan sistem pengelolaan limbah konstruksi dan demolisi di Indonesia dengan pendekatan ekonomi sirkular. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa studi kasus dan survei kuesioner. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sistem pengelolan limbah konstruksi dan demolisi di Indonesia dengan pendekatan ekonomi sirkular sudah diterapkan namun belum secara maksimal. Hambatan utama dalam penerapan tersebut adalah kurangnya target, tujuan dan visi dari pemerintah untuk menerapkan sistem pengelolaan limbah konstruksi dan demolisi dengan pendekatan ekonomi sirkular secara utuh. Kemudian strategi untuk mengatasinya yaitu dengan membuat rencana aksi nasional untuk menentukan target, tujuan, dan visi yang jelas terkait pengelolaan limbah konstruksi dan demolisi di Indonesia dengan pendekatan ekonomi sirkular.

The population growth rate in the world and Indonesia is increasing rapidly. It causes an increase in the amount of construction and demolition waste produced. These impacts can be overcome by applying the circular economy concept. However, in its implementation, there are still barriers that must be overcome immediately. Therefore, this study aims to analyze the construction and demolition waste management system in Indonesia with circular economy approach based on existing conditions, as well as to find barriers and develop strategies to improve the construction and demolition waste management system in Indonesia with circular economy approach. The method used in this study were the case study and questionnaire survey. The results of the study concluded that the construction and demolition waste management system in Indonesia with circular economy approach had been applied but not optimally. The main barrier has come from the lack of targets, goals, and vision from the government to implement it. This main barrier could be overcome with a strategy to create a national action plan to determine clear targets, goals, and vision, related to the construction and demolition waste management in Indonesia with circular economy approach.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Luthfiah Aulia Ali.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 334 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-54252239 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20518686
Cover