Permasalahan sampah makanan menjadi penting bagi Indonesia karena dampaknya yang begitu besar terhadap ekonomi, lingkungan, dan sosial. Generasi milenial dan generasi z sebagai penduduk dengan komposisi terbanyak di Indonesia merupakan kelompok usia yang paling banyak membuang sampah makanan, namun disisi lain pemuda juga semakin peduli terhadap lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi perilaku pengurangan
food waste pada generasi milenial dan generasi z. Responden adalah pemuda generasi milenial dan generasi z di DKI Jakarta kelahiran tahun 1981-2012. Untuk menjelaskan perilaku digunakan
theory of planned behaviour dan dimodelkan menggunakan SmartPLS 3.0. Dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas model struktural dan model pengukuran sebelum penarikan kesimpulan. Informasi dari Media Sosial, Pengetahuan tentang
Food Waste, Persepsi terhadap Dampak Lingkungan, Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku yang Dirasakan dan Niat secara signifikan memiliki hubungan positif pada Perilaku Mengurangi
Food Waste baik secara langsung maupun tidak langsung. Niat, Kontrol Perilaku yang Dirasakan, serta Perilaku Belanja saat Pandemi Covid-19 memberikan nilai
total effect terbesar.
The problem of food waste is important for Indonesia because of its huge impact on the economy, environment, and society. Generation millennial and z as the population with the largest composition in Indonesia are the age group that throws away food the most, but on the other hand, youth are also increasingly concerned about their environment. This study aims to evaluate the factors that can influence the behavior of reducing food waste in the millennial generation and generation z. Respondents are millennial and generation z in DKI Jakarta who were born in 1981-2012. To explain behavior, the theory of planned behavior is used and modeled using SmartPLS 3.0. The validity and reliability of the structural and measurement model are tested before drawing conclusions. Information from Social Media, Knowledge of Food Waste, Perception of Environmental Impacts, Attitudes, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control and Intentions have a significant positive relationship with Behavior to Reduce Food Waste, either directly or indirectly. Intentions, Perceived Behavioral Control, and Shopping Behavior during the Covid-19 Pandemic provide the largest total effect value.