UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Aspirasi ibu di masa pandemi: karir, beban pekerjaan, dan pembagian tugas dengan suami = Mother's aspirations during a pandemic: career, workload, and task sharing with husband

Dzulfikar Akbar Cordova; Kenny Devita Indraswari, supervisor; Tika Arundina Aswin, examiner; Fenny Rosmanita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia tetapi juga ekonomi yang disebabkan oleh penerapan pembatasan sosial dan karantina wilayah oleh banyak negara di dunia. Penelitian ini berfokus kepada bagaimana pandemi berdampak kepada perempuan bekerja yang telah menikah dan memiliki anak terhadap persepsi mereka aspirasi karir, beban pekerjaaan, dan pembagian tugas dengan suami. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Terdapat tambahan beban pekerjaan yang harus ditanggung oleh ibu pekerja di masa pandemi, yang mana tambahan beban tersebut disebabkan oleh kewajiban untuk menemani dan membantu anak yang bersekolah dari rumah. Bantuan yang diberikan oleh suami untuk mengurus rumah tangga dan mengasuh anak tidak lebih baik jika dibandingkan bantuan yang diberikan oleh keluarga atau pengasuh anak/asisten rumah tangga. Mayoritas responden menyatakan tidak mempertimbangakan untuk menahan laju karir (downshifting) dengan cara mengurangi jam dan beban kerja dimana kelompok responden yang sudah bercerai, tidak mendapatkan bantuan dari keluarga, dan tidak dibantu oleh pengasuh anak/asisten rumah tangga memiliki kecenderungan dengan poin lebih tinggi. Besarnya pendapatan responden juga memengaruhi persepsi untuk menahan laju karir (downshifting). Dalam hal mempertimbangakan untuk berhenti bekerja, ketidaksetujuan yang lebih tinggi ditunjukkan oleh kelompok-kelompok ibu pekerja yang sudah bercerai. Besarnya pendapatan responden juga memengaruhi persepsi untuk berhenti bekerja.

Pandemic had impacted human health and the economy caused by many countries' implementation of social restrictions and regional quarantines. This study focuses on how the pandemic affects working women who are married and have children on their perceptions of career aspirations, workload, and the division of tasks with their husbands. In this study, the authors conclude that there is an additional workload that working mothers must bear during the pandemic, which is an additional burden caused by the obligation to accompany and help children for school from home. The assistance provided by the husband to take care of the household and the children are worse than the assistance provided by the family or the babysitter/household assistant. The majority of respondents stated that they did not consider downshifting by reducing their hours and workload, where the group of respondents who were divorced, did not get help from their families, and were not assisted by a babysitter/household assistant tended to have higher points. Respondent's income also affects the perception of downshifting. In terms of considering quitting work, higher disapproval shows by the groups of divorced working mothers. The size of the respondent's income also affects the perception of quitting work.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Dzulfikar Akbar Cordova.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 40 pages ; illustration : Appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-85313598 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519275
Cover