UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Hipertensi melalui Edukasi Kepatuhan Regimen Pengobatan menggunakan Media Kalender Fungsional dan Kotak Obat Harian = Analysis of Family Nursing Care with Hypertension Through Education on Compliance with Drug Regimen Using Functional Calendar Media and Daily Medicine Boxes

Anita Rezeki Carolina; Wiwin Wiarsih, supervisor; Astuti Yuni Nursasi, examiner; Rizkiyani Istifada, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Hipertensi merupakan penyebab utama pada masalah kesehatan global dari penyakit kardiovaskular dan kematian di seluruh dunia. Orang dewasa rentang usia 40-60 tahun dengan hipertensi yang tidak diobati berada pada peningkatan risiko kematian dan komplikasi akibat penyakit hipertensi. Salah satu faktor penyebab hipertensi adalah ketidakpatuhan pengobatan dan ketidakmampuan individu dalam mengendalikan faktor risiko. Pengendalian hipertensi diperlukan untuk mencegah dan menurunkan probabilitas kesakitan, komplikasi, dan kematian akibat hipertensi. Langkah ini dapat dikelompokkan menjadi pendekatan farmakologis dan non farmakologis. Terapi farmakologis dengan obat anti hipertensi terbukti dapat mengurangi risiko gagal jantung sebanyak 26%-38%. Sedangkan terapi non farmakologis dapat mendukung terapi farmakologis dalam upaya pengendalian tekanan darah dengan pembatasan garam, pembatasan lemak, pengelolaan stress, dan peningkatan aktivitas fisik. Salah satu manajemen hipertensi yang dapat dilakukan adalah pengajaran peresepan obat-obatan untuk meningkatkan perilaku kepatuhan. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian edukasi kepatuhan regimen pengobatan menggunakan media kalender fungsional dan kotak obat harian terhadap penurunan tekanan darah serta peningkatan kepatuhan klien. Studi kasus ini melibatkan Ibu W (59 tahun) sebagai klien kelolaan yang memiliki faktor risiko terhadap ketidakpatuhan dalam regimen pengobatan. Perawat memberikan tindakan keperawatan berbasis bukti dengan edukasi kepatuhan regimen pengajaran peresepan obat-obatan menggunakan media unggulan selama empat minggu pemantauan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa intervensi unggulan dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 34 mmHg dan menurunkan tekanan darah diastolik sebanyak 16,6 mmHg. Melihat keefektifan pemberian intervensi unggulan ini diharapkan dapat menjadi variasi tindakan bagi perawat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kepatuhan klien dalam menjalani pengobatan secara tepat dan teratur.

Hypertension is a major cause of global health problems of cardiovascular disease and death worldwide. Adults at the age range of 40-60 years that has not been treated with hypertension are at increased risk of death and complications from hypertension. One of the factors that cause hypertension is non-adherence to treatment and the inability of individuals to control the risk factors. Hypertension control is needed to prevent and reduce the probability of morbidity, complications, and death due to hypertension. This step can be classified into pharmacological and non-pharmacological approaches. Pharmacological therapy with anti-hypertensive drugs has been shown to reduce the risk of heart failure by 26%-38%. While non-pharmacological therapy can support pharmacological therapy in an effort to control blood pressure by limiting salt, limiting fat, stress management, and increasing physical activity. One of the hypertension management that can be done is teaching drugs prescription to improve compliance behavior. The purpose of writing this scientific paper is to identify the effect of providing education on adherence to treatment regimens using functional calendar media and daily medicine boxes on decreasing blood pressure and increasing client compliance. This case study involved Mrs. W (59 years old) as a managed client who had the risk factors for non-adherence to the treatment regimen. Nurses provide evidence-based nursing actions with education on adherence to medication prescription teaching regimens using superior media for four weeks of monitoring. The evaluation results show that the leading intervention can reduce systolic blood pressure by 34 mmHg and reduce diastolic blood pressure by 16.6 mmHg. Seeing the effectiveness of providing this superior intervention, it is hoped that it can be a variety of actions for nurses to reduce blood pressure and increase client compliance in taking appropriate and regular treatment.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Anita Rezeki Carolina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 255 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-22-91132645 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519397
Cover