UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Tantangan Pengurangan Emisi Karbon pada Perusahaan Jasa dan Kantor Konsultan (Studi Kasus: ABC Consulting) = Carbon Reduction Challenge in A Service Organization and Consulting Firm (A Case Study: ABC Consulting)

Feniwati Chendana; Lindawati Gani, supervisor; Desi Adhariani, examiner; Luluk Widyawati, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tantangan emisi karbon yang dihadapi oleh suatu perusahaan jasa dan kantor konsultan, ABC Consulting, bagaimana perusahaan dapat mencapai target yang ditetapkan. Penelitian ini menganalisis aktivitas dan proses yang diterapkan perusahaan untuk mengurangi emisi rumah kaca, perhitungan emisi karbon dan juga bagaimana perusahaan mengkomunikasikan aktivitas sustainability yang dilakukan kepada para pemangku kepentingannya. ABC Consulting sepenuhnya mendukung ambisi ABC Consulting Global untuk mengurangi dampak lingkungan dan berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals, dengan menetapkan target untuk mencapai net zero carbon pada tahun 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan interview dengan key persons yang bertanggung jawab atas penyusunan strategi perusahaan dan pelaksanaan program yang berkaitan dengan komitmen dan tanggung jawab perusahaan dalam mencapai target penurunan emisi karbon perusahaan; juga dengan melakukan focus group discussion dengan berbagai tingkatan personil untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak manajemen perusahaan sehubungan dengan penerapan konsep sustainability melalui penerapan strategi karbon perusahaan (corporate carbon strategy) yang bermanfaat bagi kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang, memberikan rekomendasi terkait policy dan juga langkah nyata yang dapat dilakukan ABC Consulting dalam mencapai target net zero carbon yang ditetapkan. Lebih jauh, penelitian ini dapat menjadi tolok ukur bagi perusahaan jasa lainnya dalam mengukur dan meningkatkan performasi ESG nya.

This paper explores challenges in carbon challenge faced by examining a service organization and consulting firm, ABC Consulting (the “Firm”) on how the Firm can achieve the target. This research explores activities and process undertaken by the Firm to reduce greenhouse gas emissions, carbon emission calculation and how the Firm communicate these activities to its stakeholders. ABC Consulting fully support ABC Consulting Global’s ambitions to reduce environmental impacts and contributing to the SDGs climate action which has set a target to become net zero carbon by 2025. The method of this research is a qualitative method conducted with a case study approach. The data collection was done by conducting interviews with the key persons who are responsible to establish the corporate strategy and executing the programs relating to the Firm’s commitments and responsibility to achieve the carbon reduction targets; and also by conductiong focus group discussion with various level employees to gain in-depth understanding. The results of this paper offer inputs for the management for the implementation of the sustainability concept by applying corporate carbon strategy which will be benefited to the company's long-term sustainability, provide recommendation on the policy and practice actions for ABC Consulting to achieve the net zero carbon target. Furthermore, the findings may provide a benchmarking opportunity which can be used by another services organization to measure and improve their ESG performance.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Feniwati Chendana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 75 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-96977059 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519843
Cover