UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Ragam Makna Simbol Kupu-kupu dalam Drama "Nevertheless" = The Various Meanings of the Butterfly Symbol in the Korean Drama "Nevertheless"

Astari Sekar Sastimayang; Eva Latifah, supervisor; Euis Sulastri, examiner; Panggabean, Lovelyta, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Simbol kupu-kupu sering kali digunakan di dalam pembuatan karya sastra Korea sejak dulu. Salah satu drama Korea yang menggunakan simbol kupu-kupu adalah drama Korea tahun 2021 yang merupakan drama berbasis cerita webtoon dengan judul Nevertheless. Di dalam drama Nevertheless peneliti melihat banyak simbol kupu-kupu yang dihadirkan, baik dalam bentuk penamaan tokoh, hewan peliharaan, patung, tato, dan kalimat ajakan. Bentuk-bentuk simbol kupu-kupu itu memiliki makna yang beragam. Terkait dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna simbol kupu-kupu yang dihadirkan di dalam drama Nevertheless. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik Roland Barthes. Dari kajian ini disimpulkan bahwa terdapat keragaman makna simbol kupu-kupu di dalam drama Nevertheless. Makna tersebut adalah kebahagiaan, perempuan, laki-laki, ketidakbebasan, dan ajakan untuk bercinta. Dari keberagaman makna simbol kupu-kupu yang ditemukan, terdapat makna umum kupu-kupu yang berlaku di Korea, yaitu kebahagiaan dan perempuan. Di samping terdapat makna umum, terdapat makna khusus yang menyatakan bahwa kupu-kupu merupakan simbol laki-laki, ketidakbebasan, dan ajakan untuk bercinta.

The butterfly symbol has been used in Korean literature for a long time. One of the Korean dramas that uses the butterfly symbol is the 2021 drama based on a webtoon with the title Nevertheless. In the drama, the researcher saw many butterfly symbols presented in the form of character’s name, pet, statue, tattoo, and invitation words. The shapes of the butterfly symbols have various meanings. Related to that, this study aims to reveal the meaning of the butterfly symbols which are presented in the drama Nevertheless. To achieve this goal, this study uses a qualitative descriptive method with Roland Barthes’s semiotic approach. From this study, it can be concluded that there are various meanings for the butterfly symbol in the drama Nevertheless. The meanings are happiness, women, men, freedom, and an invitation to make love. From the variety of meanings found, there are general meanings of butterfly that apply in Korea, namely happiness and women. In addition to those general meanings, there are also special meanings that state that butterfly is a symbol of man, freedom, and an invitation to make love.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Astari Sekar Sastimayang.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 35 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-43190179 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519985
Cover