UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Metafora Ketakutan dan Kesedihan Dalam Lagu Bertema Pandemi Keluaran BigHit Music di Tahun 2020 = Metaphors of Fear and Sadness in BigHit Music's 2020 Pandemic-Themed Songs

Pakpahan, Beatrice Angelica; Putu Pramania Adnyana, supervisor; Usmi, examiner; Raden Sylvia Riadina Dewi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan makna dari metafora ketakutan dan kesedihan dalam tiga lagu bertema pandemi keluaran BigHit Music di tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengaplikasikan teori emosi Plutchik (1980) dan teori metafora Lakoff dan Johnson (2006). Hasil dari penelitian ini terdapat sejumlah 12 metafora struktural, 2 metafora orientasional dan 3 metafora ontologis pada data penelitian. Adapun ranah sumber yang digunakan untuk mengekspresikan kesedihan dan ketakutan adalah sampah, hujan, awan gelap, mimpi buruk, cuaca, musim, ruangan tertutup dan tempat gelap. Sementara itu, ranah sumber benda bergerak digunakan untuk menjelaskan ranah target dunia dan waktu. Ketakutan dan kesedihan yang mendominasi kehidupan manusia di masa pandemi Covid-19 diibaratkan seperti sampah yang ingin disingkirkan, fenomena alam yang tidak terhindarkan, mimpi buruk yang mengusik alam bawah sadar manusia, serta ruang tertutup dan gelap yang membatasi manusia.

This study aims to describe the types and meanings of fear and sadness metaphors in three pandemic-themed songs released by BigHit Music in 2020. The research method used is descriptive qualitative analysis by applying Plutchik's emotion theory (1980) and Lakoff and Johnson's metaphor theory (2006). The results of this study shows 12 structural metaphors, 2 orientational metaphors and 3 ontological metaphors in the research data. The source domains used to express sadness and fear are garbage, rain, dark clouds, nightmare, weather, season, closed rooms and dark places. Whilst moving object source domain is used to describe the target domains world and time. Fear and sadness that dominate human life during the Covid-19 pandemic are likened to trash that needs to be removed, natural phenomenon that are unavoidable, nightmares that disturb the human subconscious, and closed and dark spaces that limit humans.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Beatrice Angelica Pakpahan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 24 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-73953600 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20519988
Cover