UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

The perception of life and death in Soul (2020) = Persepsi hidup dan mati dalam Film Soul (2020)

Finkah Khumul Kulsum; Asri Saraswati, supervisor; Dhita Hapsarani, examiner; Tambunan, Shuri Mariasih Gietty, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Artikel ini mengulas bagaimana film Soul (2020) menggambarkan konsep hidup dan mati melalui perjalanan para karakter sebagai individu. Artikel ini menerapkan analysis tekstual terhadap adegan dan dialogue untuk mengungkap pandangan para karakter pada hidup mereka dan bagaimana pertemanan mereka membawa pelajaran hidup terhadap satu sama lain. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, artikel ini menyimpulkan bahwa dua karakter yang ada di dalam film (Joe dan Twenty-Two) melihat hidup secara berbeda, dan pandangan mereka terhadpa kematian berubah melalui perjalanan mereka yang mempertemukan satu sama lain, yang mengizinkan mereka untuk melihat tujuan hidup mereka yang sebenarnya. Perubahannya adalah realisasi pada kedua karakter akan spark yang mereka punya. Akhirnya, film berkeinginan untuk mengutarakan ide-idea tentang hidup dan mati yang digambarkan oleh film melalui pandangan karakter mengenai hidup dan mati dalam alam utama yaitu The Great Before atau The You Seminar dan alam kehidupan di New York City.

This article examines how the film Soul (2020) depicts the concept of life and death through the characters’ journey as individuals. This paper applies textual analysis of scenes and dialogues to reveal the character’s views of their lives and how their friendship brings life lessons to each other. Using qualitative methodology, the paper concludes that both characters in the movie (Joe and Twenty-Two) see life differently, and their view toward death changes through their journey of meeting one another, allowing them to see their real purpose in life. The change is both characters’ realization of the ‘spark’ that they have. Ultimately, the film wishes to communicate the ideas of life and death that the movie depicts through the character’s views of life and death in the main realms of The Great Before or The You Seminar and the land of the living in New York City.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Finkah Khumul Kulsum.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 26 pages : illustrations ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-76042012 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20520196
Cover